TikTok Sinkronkan Lagu Favorit di Spotify, Apple Music, dan Amazon Music

P Suryo RP Suryo R - Senin, 27 November 2023
TikTok Sinkronkan Lagu Favorit di Spotify, Apple Music, dan Amazon Music
Penyimpanan lagu yang disediakan TikTok tidak hanya pada satu aplikasi musik saja. (Unsplash/C D X)

TEKNOLOGI digital membuat kesenangan semakin naik ke level-level selanjutnya. Kali ini TikTok meluncurkan fitur terbarunya, 'Add to Music App', yang pada masa percobaan disebarkan di Amerika Serikat dan Inggris.

Aplikasi TikTok meningkatkan layanan streaming musik dengan mensinkronkan lagu-lagu favorit kamu dari aplikasi streaming musik lainnya, seperti Spotify, Apple Music, dan Amazon Music.

Baca Juga:

Microsoft Copilot Studio Mudahkan Siapapun Garap Custom AI

musik
Mensinkronkan lagu-lagu favorit kamu dari aplikasi streaming musik lainnya, seperti Spotify, Apple Music, dan Amazon Music. (Unsplash/Solen Feyissa)

Langkah strategis ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Namun untuk memanfaatkan aliran pendapatan potensial pada aplikasi yang sangat populer ini.

Walaupun rincian keuangan dari kemitraan TikTok dengan platform streaming masih dirahasiakan. Sumber-sumber informasi lainnya memastikan bahwa tidak ada transaksi keuangan yang terjadi.

Fokus utamanya adalah untuk meningkatkan daya tarik TikTok bagi para penggemar musik. Kemudian mengeksplorasi peluang monetisasi melalui integrasi Digital Streaming Platform (DSP), dengan memanfaatkan program pemasaran dan distribusi musik SoundOn untuk para artis.

Fitur inovatif ini, yang terpisah dari TikTok Music, merupakan layanan streaming musik premium yang tersedia di beberapa negara tertentu. Ditampilkan dalam bentuk tombol 'Add Song' di samping nama lagu di feed For You. Kamu dapat menggunakannya dengan mengklik tombol tersebut, untuk menyimpan lagu yang dipilih ke dalam daftar putar default di Spotify, Apple Music, atau Amazon Music, bahkan membuat daftar putar baru.

Baca Juga:

Bing Kini Gunakan AI untuk Perkuat Mesin Pencarian

musik
Tak menemukan kesulitan dalam pencarian musik TikTok dan perpustakaan musiknya. (Unsplash/Nadine Shaabana)

Dikutip dari laman Billboard, TikTok juga membuat 'Lagu TikTok' di Apple Music. Tidak hanya itu, kamu juga dapat meng-edit playlist dengan menekan fitur 'Edit'. Sangat fleksibel yang dapat menambahkan lagu langsung dari halaman Detail Suara artis. Pun tak menemukan kesulitan dalam pencarian musik TikTok dan perpustakaan musiknya.

"TikTok telah menjadi platform paling kuat di dunia untuk penemuan dan promosi musik, yang membantu para artis terhubung dengan komunitas global kami," kata Global Head of Music Business Development TikTok Ole Obermann.

Ia menekankan bahwa fitur 'Add to Music App' membuat konektivitas ini lebih maju dengan membangun hubungan langsung antara pencarian TikTok dan konsumsi lagu-lagu berdurasi penuh di platform streaming pilihan pengguna.

Ketika TikTok menyiapkan panggung untuk perjalanan yang indah ke masa depan. Maka integrasi ini tidak hanya memperkaya pengalaman pengguna tetapi juga menjanjikan nilai yang lebih besar bagi para artis dan pemegang hak. Dengan rencana untuk memperluas fitur ini ke pasar-pasar lain dalam beberapa bulan mendatang, TikTok menjembatani kesenjangan antara media sosial, pencarian musik, dan konsumsi streaming. (nda)

Baca Juga:

Peluang Sektor Makanan di Balik Digitalisasi Data

#Teknologi #Musik
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan