Terlambat Datang Bulan? Ketahui Berbagai Kemungkinan dan Alasannya Jangan panik ketika skip datang bulan. (Foto: Bustle)

TERLAMBAT atau melewati waktu datang bulan? Jangan panik. Jika itu terjadi jarang-jarang, terlambat atau tidak datang bulan merupakan sesuatu hal yang normal bagi perempuan. Sebelum hal tersebut membuat kamu stres, beberapa kemungkinan di bawah ini bisa menjadi alasan mengapa kamu terlambat atau tidak datang bulan meski sudah waktunya.

Baca juga:

Campuran Bahan Alami Ini Melancarkan Menstruasi

1. Stres

Terlambat Datang Bulan? Ketahui Berbagai Kemungkinan dan Alasannya
Stres bisa menganggu siklus haid. (Foto: pixabay/pexels)

Stres adalah masalah yang pernah dirasakan semua orang. Ketika stres melanda, tentunya mekanisme tubuh kamu akan ikut terpengaruh.

Dilansir dari laman healthline, tubuh manusia memiliki sistem merespon stres yang kamu rasakan yang berpusat di sel otak bernama hypothalamus.

Ketika tingkat stres kamu meningkat, otakmu akan memberitahu sistem endokrin untuk memperbanyak hormon yang mana akan menekan beberapa fungsi tubuh yang tidak penting untuk mengatasi stres tersebut, termasuk sistem reproduksi kamu. Tidak heran jika kamu sedang mengalami stres, proses menstruasi kamu akan berhenti untuk sementara.

2. Naik atau turun berat badan

Terlambat Datang Bulan? Ketahui Berbagai Kemungkinan dan Alasannya
Turun atau naik berat badan drastis menyebabkan ketidakseimbangan hormon. (Foto: pixabay/terovesalainen)

Perubahan dalam berat badan bisa membuatmu berada pada kondisi amenore sekunder. Amenore sekunder artinya tidak haid selama lebih dari tiga siklus, atau enam bulan.

Hal ini wajar terjadi jika kamu mengalami kenaikan atau penurunan berat badan yang drastis. Ini disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon yang mengakibatkan telat atau tidak datang bulan sama sekali.

Baca juga:

Kenapa Haid Bisa Sangat Menyakitkan?

3. Konsumsi pil KB

Terlambat Datang Bulan? Ketahui Berbagai Kemungkinan dan Alasannya
Apakah kamu konsumsi pil KB? (Foto: pixabay/qimono)

Jika kamu mengonsumsi pil KB atau morning-after pill, masa sebagian besar orang akan mengalami jadwal haid yang kacau pada awal-awal penggunaan.

Sama ketika kamu mulai berhenti mengonsumsi pil, dibutuhkan beberapa bulan untuk siklus haid kamu bisa kembali normal, hal ini disebabkan oleh tingkat hormon yang masih dalam tahap penyeimbangan.

4. Kamu mengalami PCOS

Terlambat Datang Bulan? Ketahui Berbagai Kemungkinan dan Alasannya
Kamu mengidap PCOS. (Foto: pixabay/melancholiaphotography)

Dilansir dari lama healthline, polycystic ovary syndrome (PCOS) merupakan gangguan hormon reproduksi yang tidak seimbang. Orang yang mengidap gangguan ini biasanya tidak datang bulan secara rutin.

Tanda-tanda yang dialami penderita PCOS antara lain adalah rambut pada tubuh menjadi kasar, tumbuh jerawat pada wajah dan tubuh, rambut menjadi tipis, kenaikan berat badan atau sulit mengurangi berat badan, serta bercak gelap pada kulit bagian lipatan.


5. Selamat, Kamu hamil

Terlambat Datang Bulan? Ketahui Berbagai Kemungkinan dan Alasannya
Selamat kamu hamil. (Foto: pixabay/stocksnap)

Selamat kamu hamil, jika kamu tidak haid padahal biasanya siklus menstruasi kamu tidak pernah kacau, kemungkinan besar kamu hamil. Untuk memastikannya, cobalah untuk tes menggunakan tes kehamilan setelah telat datang bulan seminggu. (shn)

Baca juga:

Tak Perlu Repot Meghitung Tanggal, 3 Aplikasi Ini Bisa Bantu Pantau Siklus Haid



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH