Kenapa Haid Bisa Sangat Menyakitkan? Sebagian perempuan pasti merasakan nyeri ketika haid. (Foto: Pixabay_Silvia Rita)

MERASAKAN nyeri selama haid dialami hampir semua perempuan setiap bulannya. Ketika sedang datang bulan, otot dinding rahim mengalami kontraksi cukup kencang sebagai tanda peluruhan.

Kontraksi yang terjadi menyebabkan penekanan terhadap pembuluh darah yang berada di sekitar dinding rahim sehingga pasokan oksigen dan darah terputus. Kondisi tersebut kemudian yang menyebabkan haid terasa nyeri.

Nyeri haid memang normal terjadi tetapi bagaimana kalau terlalu menyakitkan? Kamu harus segera memeriksanya ke dokter. Dilansir dari Medical News Today, nyeri haid yang berlebihan merupakan indikasi pertama bahwa kemungkinan ada penyakit dalam rahim. Apa saja ya?

1. Endometriosis

 (Foto: Pinterest/Acidez Feminina)
Endometriosis dapat menyebabkan nyeri panggul secara kronis. (Foto: Pinterest/Acidez Feminina)

Penyakit ini merupakan kondisi di mana jaringan-jaringan yang seharusnya melapisi dinding rahim malah melapisi luar rahim atau menumpuk di bagian luar. Akibatnya ketika terjadi haid, jaringan ini tidak akan ikut luruh. Semakin lama menumpuk jaringan ini akan berubah menjadi kista yang akan menyebabkan nyeri panggul secara kronis. Gejalanya hampir mirip dengan nyeri haid biasa sehingga untuk mengidentifikasinya diperlukan pemeriksaan khusus ke dokter kandungan.

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Tak Perlu Repot Meghitung Tanggal, 3 Aplikasi Ini Bisa Bantu Pantau Siklus Haid


2. Fibroid

Fibroid dapat menyebabkan nyeri haid berlebihan.  (Foto_ Pixabay_Stock Snap)
Fibroid dapat menyebabkan nyeri haid berlebihan. (Foto_ Pixabay_Stock Snap)

Fibroid atau biasa dikenal dengan penyakit miom merupakan pertumbuhan sel-sel tumor di dalam uterus. Pertumbuhan ini yang kemudian menyebabkan nyeri haid yang terlalu berlebihan. Meskipun masih tergolong sebagai tumor jinak, sebaiknya segera ditindaklanjuti proses pengobatan karena kalau ditunda bisa berkembang menjadi ganas (kanker).

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Melancong Tetap Asyik Walau Sedang Haid

3. Radang panggul

Radang panggul bisa menyebabkan kemandulan. (Foto: Pixabay/Silvia Rita)
Radang panggul bisa menyebabkan kemandulan. (Foto: Pixabay/Silvia Rita)

Penyakit ini disebabkan oleh infeksi bakteri yang menyerang alat reproduksi bagian atas. Bila tidak ditangani akan menyebabkan sulit hamil atau bahkan kemandulan. Radang ini juga menyebabkan nyeri haid yang berlebihan.

Baca juga berita lainnya dalam artikel:


4. Polycystic ovary syndrom

PCOS memiliki gejala awal dari tidak teraturnya siklus haid.  (Foto: Pixabay/R_R_Studio)
PCOS memiliki gejala awal dari tidak teraturnya siklus haid. (Foto: Pixabay/R_R_Studio)

Kondisi ini biasa disebut sebagai PCOS yang merupakan bentuk kelainan hormon perempuan yang menyebabkan sulit hamil. Gejala awalnya bisa dilihat dari tidak teraturnya siklus haid. Kamu bisa konsultasi mengenai siklus ke dokter kandungan untuk memastikan.

Gejala dari penyakit rahim umumnya hampir sama seperti nyeri haid yang normal. Tetapi jika tidak terjangkit penyakit apa pun, rasa sakitnya tidak akan mengganggu aktivitas sehari-hari. (Mar)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Pantang Menyantap Makanan ini saat Haid


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH