Tak Perlu Repot Meghitung Tanggal, 3 Aplikasi Ini Bisa Bantu Pantau Siklus Haid Memudahkan perhitungan siklus haid dengan aplikasi ponsel (Foto: Unspash/Thought Catalog)

ERA digital, kecanggihan teknologi semakin memanjakan banyak orang. Informasi dapat diperoleh melalui gawai tanpa terbatasi oleh ruang dan waktu. Terutama bagi kaum perempuan, di mana haid atau menstruasi merupakan rutinitas hormon setiap bulannya sebagai tanda produktivitas rahim atau kesuburan.

Pada umumnya, perempuan memiliki siklus menstruasi 21-35 hari. Siklus menstruasi menjadi penting karena sebagai perhitungan dan melacak kesuburan perempuan.

Baca juga:

5 Bintang Hollywood Bercerita Tentang Periode Menstruasinya, Apa Kamu Merasakan Hal yang Sama?

Period.End of Sentence Menangi Oscar lewat Menstruasi

Bagi yang berencana hamil, perhitungan menstruasi secara akurat dapat membantu memberikan informasi terkait waktu yang tepat untuk pembuahan. Sedangkan, bagi remaja perhitungan menstruasi dapat memberitahukan kondisi kesehatan tubuh.

"The apps are useful as a reminder for when you need tampons, when to expect cravings, and if you're going to be on your period for big events and holidays, so I definitely see the virtues in tracking." seperti yang dilansir dari laman bustle.

Menariknya siklus pertanda kesuburan yang terjadi pada perempuan dapat dipantau melalui kalender digital, seperti tiga aplikasi di bawah ini, yang bisa bantu kamu pantau siklus haid atau menstruasi.

1. Flo Period & Ovulation Tracker

Tak Perlu Repot Meghitung Tanggal, 3 Aplikasi Ini Bisa Bantu Pantau Siklus Haid
Aplikasi pendeteksi siklus haid perempuan dengan jumlah ulasan tertinggi (Foto: Appstore)

Aplikasi kalender siklus menstruasi memiliki rating 4.8 bintang dengan 444.680 ulasan. Aplikasi ini memiliki fitur informasi lebih banyak terkait siklus haid, durasi tidur, kebutuhan konsumsi air, kondisi fisik, suasana hati dan perhitungan kehamilan.

Selain itu, aplikasi yang bersifat pribadi ini juga dilingungi dengan kata sandi, sehingga privasi para penggunanya akan tetap terjaga.

2. Period Tracker Period Calender

Tak Perlu Repot Meghitung Tanggal, 3 Aplikasi Ini Bisa Bantu Pantau Siklus Haid
Aplikasi kalender menstruasi dengan proteksi password dan sidik jari sehingga privasi terjaga (Foto: Appstore)

Tak jauh berbeda dengan yang sebelumnya, aplikasi ini juga dilengkapi dengan proteksi menggunakan sandi dan sidik jari. Perbedaannya pada kelengkapan informasi karena aplikasi ini berfokus pada prediksi menstruasi, rencana kehamilan dan pengingat konsumsi obat-obatan. Aplikasi ini memiliki rating 5 bintang dengan jumlah 47.537 ulasan.

3. Clue

Tak Perlu Repot Meghitung Tanggal, 3 Aplikasi Ini Bisa Bantu Pantau Siklus Haid
Teknologi pintar yang dipublikasikan oleh the American College of Obstetricians & Gynecologists (Foto: Appstore)

Aplikasi ini dipublikasikan oleh the American College of Obstetricians & Gynecologists (ACOG) untuk mendeteksi siklus menstrusi, prediksi suasana hati dan kesehatan. Selain itu, aplikasi ini juga bisa mendata aktivitas seksual menggunakan teknologi pintar yang dimilikinya. Aplikasi ini mendapat rating dan review baik dari penggunanya, dengan 4.8 bintang dan 719.229 ulasan.

Aplikasi kalender menstruasi ini dapat diakses dengan mudah, cepat dan kapan saja. Memanfaatkan teknologi dengan sebaik-baiknya tentu akan membantu kamu, khususnya para perempuan. (dys)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH