Terapkan 'Mindful Eating' untuk Main Hati Bersama Makanan

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Kamis, 02 Februari 2023
Terapkan 'Mindful Eating' untuk Main Hati Bersama Makanan
Mindful eating artinya menghargai makanan. (Foto: Pexels/cottonbrostudio)

MARI tebar cinta ke setiap makanan yang tersedia di depan kamu. Coba ingat, kapan kamu terakhir kali makan dengan perlahan, menghirup aromanya, lalu benar-benar fokus hanya untuk makanan saja tanpa terganggu dengan hal lain.

Mungkin sekarang ini kamu tidak sadar betapa lezatnya makanan yang kamu santap karena tidak fokus menikmatinya. Di kantor, kamu ingin cepat-cepat menghabiskan ayam geprek karena ingin segera kembali menyelesaikan pekerjaan. Sementara di rumah, kamu tidak menikmati sate ayam karena indera penglihatan kamu mengalahkan indera pengecapan akibat terlalu fokus nonton Netflix.

Baca Juga:

FEBRUARI MAIN HATI

Kini saatnya kamu mulai menghargai makanan yang tersedia di depan kamu. Terapkan mindful eating agar kamu dapat main hati bersama makanan yang kamu santap. Menurut laman Eating Well, mindful eating merupakan praktik untuk menikmati asupan dan pengalaman makan secara menyeluruh.

Mindful eating memiliki tujuan untuk menyayangi makanan. (Foto: Unsplash/Helena Lopes)

Harvard School Of Public Health memaparkan bahwa mindful eating berasal dari filosofi mindfulness atau kesadaran yang lebih luas. Tujuan utamanya untuk lebih menyayangi makanan. Nah, untuk menerapkan mindful eating kamu bisa menerapkan tiga hal ini saat makan, antara lain:

1. Tidak membuang makanan

Perilaku membuang atau menyisikan makanan masih sering dilakukan bahkan dianggap sebagai suatu hal yang sepele bagi banyak orang. Padahal semasa kecil sebagian besar orang tua kita pernah memberikan nasihat agar tidak membuang-buang makanan.

Baca Juga:

Beda Warna Beda Arti dari Emoji Hati

Alasan orang tua memberikan nasihat seperti itu biasanya karena tindakan membuang makanan mencerminkan perilaku tidak bersyukur. Artinya, meski kamu tidak menikmati makanan itu, berlatihlah untuk tetap selalu menyayangi makanan walaupun makanan tersebut enak atau tidak.

Mindful eating kamu dilatih untuk menyayangi makanan sekaligus mengetahui apa yang kamu makan. (Foto: Unsplash/Tamas Pap)

2. Apresiasi apa yang kamu makan

Untuk melatih mindful eating, kebiasaan yang bisa kamu terapkan adalah dengan menunggu 2-3 menit sebelum kamu mulai makan. Kamu bisa memberikan apresiasi terhadap makanan yang kamu sukai dalam diam sekaligus berdoa sebelum makan. Dengan begitu, kamu tidak akan makan dengan buru-buru dan lebih menyayangi tiap gigitan dari makanan tersebut.

3. Menghargai makanan buatan orang lain

Menghargai makanan yang sudah dibuat oleh orang terdekat kamu kini merupakan hal yang wajib. Menolak pemberian yang sudah dikasih oleh orang terdekatmu sama saja tidak menghargainya.

Hal paling terpenting ialah jangan pernah untuk mengatakan “tidak enak” karena tentu saja akan membuatnya sakit hati. Usahakan selalu menghargai makanan buatan orang lain walaupun kamu tidak suka atau suka dengan makanan tersebut. Ingat, mereka yang membuatkan makanan untukmu pasti sudah mengorbankan banyak waktu untuk memasaknya. (dkr)

Baca Juga:

Pacar Main Hati, Shakira Sindir Pique lewat Lagu

#Februari Main Hati
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan