Futuristik, Hunian yang Menyatu Sempurna dengan Lanskap Padang Gurun Invisible House didesain untuk menyatu dengan alam. (Foto: realtor)

LAYAKNYA kamuflase, sebuah rumah di daerah gurun California menyatu sempurna dengan sekitarnya. Invisible House memadukan lanskap 'keras' dengan cermin di bagian luar. Meski letaknya tersembunyi, bagkan rumah dilengkapi beberapa fitur keren, termasuk area kolam besar yang juga merupakan rumah bagi proyektor untuk pemutaran film. Bagian terbaiknya ialah empat kamar tidur yang terbuka ke luar.

Seperti dilansir laman New Atlas, Invisible House dirancang arsitek Tomas Osinski. Desain sang arsitek kemudian dipadukan dengan masukan dari sang pemilik, Chris Hanley. Si pemilik dikenal sebagai produser film American Psycho dan The Virgin Suicides. Rumah seluas sekitar 500 meter persegi ini terletak di sebidang tanah yang luasnya 36 hektare di dekat Joshua Tree.

Baca juga:

Bunker Nuklir Ini Menawarkan Fasilitas Menakjubkan

1
Luas bangunan 500 meter persegi. (Foto: dezeen)

Selain rumah dan jalan tanah yang diperlukan untuk akses, plot di sekitar rumah dibiarkan begitu saja. Posisi umah sebagian diangkat di atas panggung beton dan menjorok ke atas beberapa batu. Bagian luar rumah dipasangi kaca sederhana berbentuk persegi panjang, Semuanya dilengkapi kaca Solarcool yang memiliki lapisan cermin. Menurut Osinski, kaca itu sangat mampu memantulkan panas dan membantu menjaga interior agar tidak terlalu panas akibat matahari.

Keseluruhan tata ruang interior berada di satu lantai dan berpusat di sekitar kolam renang berukuran 30 meter. Menurut Osinski, kolam itu akan membantu menjaga suhu tetap stabil. Beberapa bagian kaca, termasuk banyak slide dinding terbuka yang menghadap ke barat, serta area kolam digunakan untuk menyimpan proyektor. Gawai itu akan mengubah dinding ujung menjadi home theater untuk pemutaran film.

Bagian dapur terletak tidak jauh. Sangat cocok untuk acara pesta. Lengkap dengan dua oven, laci pemanas, lemari es dan freezer, serta beberapa tempat duduk. Di bagian lain terdapat lebih banyak tempat duduk, serta empat kamar tidur. Setiap kamar dilengkapi dinding geser yang terbuka ke luar dan kamar mandi dengan shower kaca.

Baca juga:

Restoran Terisolasi Ini Ada di Alam Liar

2
Menggunakan kaca Solarcool. (Foto: dezeen)

Sesuai dengan konsep menyatu ke alam, Invisible House dilengkapi panel termal surya penghasil air panas di bagian atap. Itu akan mengurangi penggunaan energi. Kepada Dezeen, Hanley bahkan meyakinkan tidak ada burung lokal diusik dengan kehadiran hunian di sana. Di masa depan depan, Osinski merencanakan rumah lain di gurun yang terbuat dari kontainer kargo bernama Joshua Tree Residence.(lgi)

Baca juga:

Kamar di Hotel Swiss Ini Tanpa Dinding dan Atap

Kredit : leonard

Tags Artikel Ini

Leonard G.I

LAINNYA DARI MERAH PUTIH