Telur Bebek yang Kaya Vitamin dan Mineral Telur bebek yang tinggi proteinnya. (Foto: Pexels/ge yonk)

TELUR bebek memang tidak sepopuler telur ayam atau puyuh. Paling banter telur bebek digunakan untuk olahan martabak karena dapat menjadikan martabak lebih tebal ketimbang memakai telur ayam. Kenyataannya telur bebek memang memiliki kelebihannya tersendiri, kaya vitamin dan mineral.

Telur bebek baik untuk kesehatan karena mengandung protein, lemak dan antioksidan. Di samping itu pula telur bebek juga mengandung vitamin seperti A, B kompleks, E dan D. Selain itu juga mengandung mineral yang berguna bagi tubuh, seperti folat, selenium, kalsium, zat besi, magnesium, zinc dan mangaan.

telur bebek
Telur bebek yang kaya nutrisi. (Foto: Pexels/Daria Shevtsova)

Baca artikel lainnya: 5 Kesalahan Ini Masih Sering Kita Lakukan saat Menggoreng Telur

Menurut laman Alodokter, dalam sebutir telur bebek ternyata berisikan 130 kalori, 9 gram protein, I gram karbohidrat, 100 mg sodium, 150 mg kalium, 154 gr fosfor dan 600 mg kolesterol. Bila dibandingkan dengan sebutir telur ayam yang hanya berisikan kandungan 60 kalori, 5,5 gr protein, 0,3 gr karbohidrat, 60 mgnatrium, 60 mg kalium, 85 mg fosfor, dan 165 mg kolesterol.

Kandungan protein yang 9 gram itu cukup untuk dikonsumsi tubuh manusia. Protein dalam telur bebek sangat tinggi yang penting untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh. Di samping itu juga penting untuk memproduksi enzim dan hormon lainnya. Dengan jumlah protein yang cukup itu, maka telur bebek dapat membuat perut menjadi kenyang lebih lama.

telur bebek
Hati-hati telur bebek tinggi kolesterol. (Foto: Pexels/Mona Sabha Cabrera)

Baca juga: Turunkan Risiko Diabetes Tipe 2 dengan Konsumsi Telur

Hanya saja angka kolesterol dalam telur bebek memang tinggi meskipun masih berada di bawah telur puyuh. Namun nilai kolesterol seperti itu sudah berada cukup berlebihan bagi tubuh. Kolesterol tinggi dapat lemak menjadi menumpuk di dinding arteri. Ini membuat potensi risiko penyempitan arteri atau aterosklerosis. Akibatnya terjadi gangguan pada aliran darah yang menuju otak, jantung dan ke seluruh tubuh.

Bagi kamu yang memiliki riwayat sakit jantung tidak disaran terlalu banyak memakan telur bebek. Apalagi bila kamu mau menurunkan berat badan, maka telur bebek bukan menjadi sahabat kamu. (psr)

Baca artikel: 5 Obat Herbal Atasi Kolesterol Tinggi

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH