5 Kesalahan Ini Masih Sering Kita Lakukan saat Menggoreng Telur Cara menggoreng telur yang benar. (Foto: pixabay/oldmermaid)

TELUR goreng bisa dikatakan sebagai menu makanan Indonesia yang disukai hampir semua orang. Selain mengandung banyak protein, telur juga dapat dimasak dengan berbagai macam olahan, salah satu yang termudah yakni digoreng. Karena simpel, tidak banyak orang mengetahui beberapa hal yang dilarang ketika memasak telur nih. Apa saja ya beberapa hal yang tidak boleh dilakukan selagi menggoreng telur?

1. Tidak menggunakan teflon

5 Kesalahan Ini Masih Sering Kita Lakukan saat Menggoreng Telur
Gunakanlah wajan berjenis teflon agar telur tidak lengket. (Foto: pixabay/taken)

Pasti banyak nih dari kalian yang asal menggunakan wajan saja ketika memasak telur. Sebaiknya, ketika memasak telur gunakanlah wajan berjenis teflon atau wajan anti lengket demi mendapatkan bentuk telur goreng yang utuh sempurna dan telur tidak lengket menempel.

2. Menggunakan api besar

5 Kesalahan Ini Masih Sering Kita Lakukan saat Menggoreng Telur
Gunakanlah api sedang ketika meggoreng telur. (Foto: pixabay/PublicDomainPictures)

Nah, kesalahan ini sering terjadi ketika kamu terburu-buru nih! Langsung menggoreng telur dengan api besar dapat menyebabkan pinggiran telur matang dan garing terlebih dulu, sementara bagian tengah telur masih mentah. Sebaiknya kamu gunakan api sedang ketika menggoreng telur, agar telur dapat matang secara merata.

3. Memecahkan telur sembarangan

5 Kesalahan Ini Masih Sering Kita Lakukan saat Menggoreng Telur
Jangan pecahkan telur di pinggir wajan untuk menghindari serpihan kulit telur jatuh ke penggorengan. (Foto: pixabay/stevepb)

Biasanya orang suka asal memecah telur, yang kadang membuat pecahannya berantakan dan masuk ke dalam kocokan telurmu yang tentunya akan terasa garing-garing ketika dimakan. Kesalahan ini biasanya terjadi karena kamu memecahkan telur di pinggir wajan.

Untuk menghindari hal ini, sebaiknya siapkan mangkok terlebih dahulu untuk mengocok telur dengan baik dan jika ada serpihan kulit telur yang tercampur dapat terlihat dan bisa kamu buang.

4. Langsung membumbui telur

5 Kesalahan Ini Masih Sering Kita Lakukan saat Menggoreng Telur
Jangan langsung membumbui telur ketika masuk ke wajan. (Foto: fimela.com)

Sebaiknya kamu menghindari membumbui telur ketika telur baru saja dituang ke wajan. Biarkan beberapa menit sampai ketika telur sudah punya lapisan dasar, kemudian taburkan bumbu telur supaya cita rasa yang diberikan dapat merata ke seluruh bagian telur.

5. Jangan tinggalkan telur lebih lama di penggorengan meskipun api mati

5 Kesalahan Ini Masih Sering Kita Lakukan saat Menggoreng Telur
Jangan tinggalkan telurmu lama-lama di penggorengan meskipun api telah mati. (foto: pixabay/alexas_fotos)

Kebiasaan meninggalkan telur goreng yang sudah jadi terlalu lama di penggorengan ternyata bisa membuat telurmu tambah banyak minyak lo! Hal itu dikarenakan wajan masih panas dan meskipun api telah padam, minyak masih terus menyerap. (shn)


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH