5 Obat Herbal Atasi Kolesterol Tinggi Kolesterol tinggi dapat diturunkan dengan herbal-herbal ini. (Sumber: Everyday Health)

APAKAH kamu memiliki kolesterol tinggi? Jika ya, maka kamu mungkin akan mencari cara untuk menurunkannya secara alami. Hal itu karena kolesterol tinggi bisa memicu penyakit lain. Penderita kolesterol tinggi memiliki peningkatan risiko penyakit jantung.

Kolesterol sendiri ada dua jenis, yakni kolesterol baik atau high-density lipoprotein (HDL) dan kolesterol jahat atau low-density lipoprotein (LDL). Dilansir dari Boldsky, berikut ini solusi alami yang telah terbukti dalam studi ilmiah untuk mengurangi kolesterol jahat.

1. Bawang putih

Bawang Putih (Sumber: Pixabay/stevepb)
Bawang Putih jangan dikonsumsi dengan obat pengencer darah. (Sumber: Pixabay/stevepb)

Bawang putih adalah bumbu dapur ini mampu menurunkan kolesterol. Sebuah makalah studi yang diterbitkan dalam Avicenna Journal of Phytomedicine menyebutkan bahwa ekstrak bawang putih yang sudah tua dapat membantu menurunkan kadar kolesterol total dan LDL. Namun ingat, bawang putih atau suplemen bawang putih harus dihindari sebelum operasi dan tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan obat pengencer darah.

2. Biji rami

Biji rami (Sumber: Pixabay/linseed)
Biji rami mengandung asam lemak Omega 3. (Sumber: Pixabay/linseed)

Biji rami mengandung serat larut, lignan, dan asam lemak omega 3. Menurut sebuah studi, mengonsumsi biji rami dapat menurunkan kolesterol total dan kolesterol LDL masing-masing sebesar 12 persen dan 15 persen. Studi lain menunjukkan bahwa biji rami giling mengurangi kolesterol jahat sebesar 15 persen dalam 1 bulan. Untuh kasil yang maksimal, kamu bisa mengonsumsi biji rami setiap hari.

3. Ragi beras merah

Beras Merah (Sumber: Pixabay/Aviavlad)
Beras merah mampu menurunkan kolesterol sampai 15 persen. (Sumber: Pixabay/Aviavlad)

Makanan ini mampu menurunkan kolesterol total sebesar 15 persen dan kolesterol LDL sebesar 22 persen dalam 8 minggu. Hal itu diketahui setelah ada penelitian yang diterbitkan dalam Complementary and Alternative Medicine. Meski demikian ada juga studi yang mengatakan kalau ragi beras meras kurang efektif untuk menurunkan kolesterol.

4. Kemangi suci

Kemangi Suci (Sumber: Pixabay/jill111)
Kemangi Suci memberi manfaat antiimflamasi. (Sumber: Pixabay/jill111)

Banyak juga yang menyebutnya basil suci atau tulsi. Kemangi suci punya segudang manfaat obat yang meliputi antioksidan, antiinflamasi, antidiabetik, antihypercholesterolemia, antikarsinogenik, dan sebagainya. Studi menunjukkan bahwa kemasi suci mencegah pembentukan aterosklerosis di pembuluh darah yang disebabkan karena kolesterol tinggi.

5. Kunyit

Kunyit (Sumber: Pixabay/stevepb)
Kunyit mampu menurunkan kadar LDL. (Sumber: Pixabay/stevepb)

Kunyit mengandung senyawa kuat yang disebut curcumin. Senyawa ini terbukti menurunkan kadar kolesterol total dan kolesterol LDL dalam darah. Meski demikian perlu ada penelitian lebih lanjut untuk mengetahui dosis dan frekuensi pengobatan curcumin. (*)

Kredit : yani

Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH