Teknik Dasar 'Surfing' yang Harus Kamu Kuasai! Beberapa hal mendasar perlu diperhatikan dalam surfing. (Foto: Unsplash/Jeremy Bishop)

SURFING dikenal sebagai salah satu olahraga kategori ekstrim. Surfing menuntut nyali maksimal dan skill pemainnya untuk bisa menaklukan ombak sambil melakukan berbagai teknik berbahaya.

Tingkat kesulitan yang dimiliki jenis olahraga ini tergolong sangat tinggi. Dibutuhkan keseimbangan maksimal dari pemain. Untuk bisa menaklukannya, pemain dituntut melakukan sederet langkah panjang. Mengasah skill dan kegigihan untuk terus mencoba, merupakan sebuah keharusan.

Baca Juga:

Mana yang Lebih Cepat Turunkan Berat Badan, Latihan Kardio atau Angkat Beban?


Mental dan otot

surfing melatih mental dan otot
Kekuatan otot dan mental sangat diperlukan pada olahraga ekstrim ini. (Foto: Unsplash/LECHAT Valentin)

Olahraga ekstrim ini membutuhkan kekuatan tubuh yang prima. Kekuatan otot-otot tubuh pemain juga menjadi faktor yang sangat penting. Mengayuh papan surf memerlukan kekuatan otot kedua tangan agar mencapai spot terbaik. Disaat meluncur dan bermanuver di atas ombak, kekuatan otot kaki juga berperan penting.

Mental pantang menyerah juga merupakan faktor yang tak kalah penting. Perlu perjuangan gigih untuk mencapai spot ombak terbaik. Tak jarang, seseorang harus bertarung melawan hadangan ombak yang bertubi-tubi sebelum berhasil mendapatkan ombak terbaik. Bagi yang bermental lembek jelas bukan olahraga yang cocok.


Stand Up

trik berdiri di atas papan
Trik berdiri di papan harus benar-benar dikuasai. (Foto: Unsplash/Isai Ramos)

Jika kamu tertarik mencoba olahraga surfing, kamu wajib mengasah cara untuk dapat berdiri di atas papan surf. Kelihatannya seperti gampang, namun kenyataannya perlu usaha ekstra keras agar dapat berhasil. Faktor gelombang air dan gulungan ombak membuat pemain berada di situasi yang sulit untuk berhasil berdiri.

Bagi yang ingin belajar, kamu dapat mencobanya dahulu di darat. Letakan papan surf di atas bola, usahakan agar tetap menjaga keseimbangan agar tidak terjatuh. Untuk menguasainya, kamu harus selalu tenang dengan pandangan ke depan. Hindari berdiri tegak saat berada di atas papan.

Baca Juga:

3 Trik Dasar Rollerblade, Pas buat Pemula

The Hunchback

the hunchback
Menjaga tetap seimbang saat bermanuver. (Foto: Pexels/Guy Kawasaki)

Keseimbangan badan yang sempurna adalah faktor penentu keberhasilan dalam olahraga surfing. Keberhasilan untuk berdiri di atas papan disertai perlawanan ombak besar, dibutuhkan keseimbangan badan yang prima.

The hunchback adalah trik yang dipakai surfer untuk menjaga keseimbangan badan. Trik ini dilakukan dengan cara membungkuk disaat meluncur dan bermanuver di atas papan. Bukan cuma pro surfer, namun trik ini juga sangat diperlukan oleh pemula. Trik perlu dikuasai sebelum mencoba banyak trik lain.


Duck Diving

duck diving
Perlu menguasai duck diving untuk menembus ombak. (Foto: Unsplash/Jeremy Bishop)

Sebagai surfer, trik duck diving adalah trik wajib dikuasai. Tanpa melalui trik tersebut, mustahil bagi seseorang untuk surfing. Trik ini perlu dilakukan agar surfer dapat menghindari hadangan ombak yang sedang menggulung di atas permukaan.

Trik ini adalah teknik untuk memungkinkan surfer melewati ombak ketika mengayuh keluar, agar terhindar dari kehilangan stamina karena hantaman ombak. Dibutuhkan menjaga stamina tubuh yang prima untuk melakukannya. (lgi)


Baca Juga:

Ingin Tubuh Atletis? Perbanyak Latihan Otot Tricep

Kredit : leonard


Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH