Ingin Tubuh Atletis? Perbanyak Latihan Otot Tricep Mengangkat beban merupakan latihan penting dalam membentuk otot (Foto: unsplash/Victor Freitas)

OTOT lengan yang baik akan memberikan kesan pertama kepada tubuh yang indah dan langsing bagi wanita serta atletis dan kekar bagi pria. Triceps merupakan bagian belakang dari otot lengan bagian atas yang memiliki tiga kepala yaitu outer atau lateral head (otot tricep bagian luar), inner head (otot tricep bagian dalam), dan long head (otot tricep bagian samping).

Triceps memiliki dua per tiga dari lengan bagian atas, sehingga apabila ingin memperbesar otot lengan atas, bagian ini yang sebenarnya perlu dilatih dengan penempatan prioritas yang lebih tinggi dibandingkan dengan otot biceps.

Baca juga:

3 Langkah Mudah Kencangkan Otot dengan Botol

Selain itu, tanpa otot triceps, para penggemar fitness dipastikan tidak akan bisa melakukan berbagai latihan. otot triceps dikenal sebagai otot pendukung yang sangat penting dalam latihan-latihan untuk bahu, dada, lengan dan punggung.

Melansir laman Alodokter, bukan hanya untuk mendapatkan bentuk lengan yang indah, membangun kekuatan dan massa otot lengan juga penting untuk mendukung kegiatan sehari-hari, misalnya agar lebih kuat membawa barang-barang belanjaan, menggendong anak, serta mengangkat benda-benda yang berat. Berikut ini tiga jenis latihan yang paling ampuh untuk memperbesar otot triceps.

1. Tricep Dips

Ingin Tubuh Atletis? Perbanyak Latihan Otot Tricep
Tricep Dips di ruang terbuka (Foto: twenty20)

Jenis latihan ini terlihat sangat mudah, namun dalam praktiknya latihan ini merupakan salah satu jenis latihan yang cukup sulit. Berat badan kalian digunakan sebagai tumpuan pemberat untuk melatih triceps kalian.

Karena mengangkat seluruh badan, maka triceps kita juga harus bekerja melawan beban yang jauh lebih berat dibandingkan ketika kita melakukan latihan isolasi triceps. Angkat diri pada meja pararel dengan tubuh tegak lurus ke lantai dan pertahankan postur ini sepanjang latihan.

Baca juga:

Banyak Manfaatnya, Fitness Penting buat Perempuan

2. Bench Press

Ingin Tubuh Atletis? Perbanyak Latihan Otot Tricep
Bench Press total 120 Kg (Foto: muscleandfitness)

Bench press merupakan latihan tricep yang bagus untuk melatih dada dan inti. Dengan merubah arah cengkraman, maka dapat membantu anda mengembangkan lengan.

Menempatkan tangan lebih dekat akan membuat tricep harus bekerja lebih keras sehingga pertumbuhan baru bisa terjadi dan akan lebih banyak kekuatan yang bisa didapat.

3. Diamond Press Up

Ingin Tubuh Atletis? Perbanyak Latihan Otot Tricep
Diamond press up bisa dilakkan di mana saja (Foto: coachmag)

Merupakan jenis latihan tricep yang paling mendasar. Press up standar sangat bagus untuk melatih lengan tricep. masyarakat yang ingin sekali memiliki lengan besar namun memiliki kendala untuk berlangganan di fitness area, kalian bisa mencoba Diamond Press Up ini dirumah sebanyak 12 pengulangan tiga set per harinya untuk mendapatkan potensi hasil yang maksimal.

Prosedur latihannya pun sangat mudah, turunkan tubuh ke dalam posisi plank standar. Dekatkan kedua tangan anda setinggi dada dengan ibu jari saling bersentuhan dan jari telunjuk saling bersentuhan. Tulang belakang anda harus lurus dan inti serta glute harus ditekan rapat. (Nic)

Baca juga:

Daftar Makanan Murah yang Ternyata Bisa Membesarkan Otot



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH