Teh Hijau Bisa Bantu Kamu Diet, Masa sih? Teh Hijau Untuk Diet. (Pixabay-appledeng)

BERAGAM cara digunakan banyak orang untuk mencapai berat badan ideal. Mulai dari berolahraga, menjaga pola makan, menggunakan produk diet, membuat ramuan tradisional, dan sebagainya. Apakah hal tersebut efektif? Menurut survey, semua hal itu efektif jika dilakukan dengan niat dan komitmen.

Diet akan signifkan dilakukan secara berkala, bukan sehari-dua hari, melainkan tahunan. Di masa itu, dengan beragam pola diet, terdapat satu sajian minuman nan baik dikonsumsi kamu nan diet. Ya, teh hijau.

Baca juga: BMKG: Puncak Musim Hujan Diprediksi Februari

Teh hijau sangat bermanfaat untuk membantu pembakaran lemak, dan uniknya berbagai produk penurun berat badan juga menggunakan teh hijau sebagai bahan dasarnya untuk program diet. Mengapa hal tersebut bisa terjadi?

Diet
Teh Hijau Bagus Dikombinasi Dengan Berolahraga. (Pixabay-RyanMcguire)


Dalam proses pembakaran lemak, tubuh harus terlebih dahulu memecahnya dalam sel lemak dan memindahkannya ke aliran darah. Melansir Healthline, senyawa aktif dalam teh hijau dapat membantu proses pemecahan sel dalam lemak dengan meningkatkan efek dari beberapa hormon pembakar lemak, seperti norepinefrin (noradrenalin).

Baca juga: Aturan Memasak Saat Sedang Diet

Antioksidan utama dalam teh, EGCG, dapat membantu menghambat enzim yang memecah hormon norepinefrin. Ketika enzim itu dihambat, jumlah noripinefrin meningkat, kemudian mempercepat pemecahan lemak. Akhirya, sel akan memecah lebih banyak lemak, dilepaskan ke aliran darah untuk digunakan sebagai energi oleh sel-sel seperti sel otot.

Selain itu, teh hijau juga dapat merangsang pembakaran lemak lebih besar saat seseorang mengonsumsinya sebelum berolahraga. Dalam sebuah penelitian lain, pria pengkonsumsi ekstrak teh hijau sebelum berolahraga membakar 17% lebih banyak lemak.

Studi ini menunjukkan teh hijau dapat meningkatkan efek pembakaran lemak dari latihan. Beberapa penelitiaan lain juga mengkonfirmasi temuan ini, dan menunjukkan EGCG meningkatkan pembakaran lemak, dan dapat menyebabkan pengurangan lemak tubuh dalam jangka panjang. (nic)

Baca juga: Mengenal Peran Diet dan Olahraga dalam Menurunkan Berat Badan


Tags Artikel Ini

Yudi Anugrah Nugroho