Kesehatan
Tanda-tanda Dehidrasi Ini Jangan Dicuekin Setiap orang memiliki kebutuhan air yang berbeda. (Foto: 123RF/fizkes)

DI dunia yang sempurna, kita semua akan ingat untuk minum air dalam jumlah yang tepat setiap hari. Namun, kebanyakan orang tidak memasukkan "minum air putih" pada to do list mereka. Lebih menggoda untuk minum kopi saat sarapan dan es teh manis saat makan siang.

Namun, jika gagal gagal minum air putih yang cukup untuk mengisi kembali cairan yang hilang (melalui buang air kecil, berkeringat, dan bahkan bernapas), kamu mulai memasuki keadaan dehidrasi.

Baca juga:

Manfaat Minum Air Putih Ternyata Lebih Besar dari Apa yang Pernah Kamu Ketahui

Dehidrasi tidak hanya membuatmu merasa haus, tetapi juga dapat berdampak besar pada fungsi seluruh tubuh. Kamu mungkin pernah mendengar aturan umum bahwa harus minum delapan gelas air sehari, tetapi ternyata jumlah air yang harus diminum setiap orang berbeda-beda.

Anak-anak dan orang dewasa yang lebih tua cenderung membutuhkan lebih banyak air untuk tetap terhidrasi, demikian kata Seth Smith, M.D., profesor klinis di Departemen Ortopedi dan Rehabilitasi Universitas Florida seperti diberitakan prevention.com (29/12).

Orang yang mengonsumsi obat tertentu, memiliki riwayat penyakit kardiovaskular, atau baru-baru ini menderita penyakit akibat virus perlu minum lebih banyak juga. Jika kamu berada di iklim yang panas dan lembap atau sedang berolahraga (dan berkeringat), juga lebih rentan terhadap dehidrasi.

Seseorang yang memiliki berat sekitar 150 pon memiliki sekitar lima liter air tubuh total, kata Dr. Smith. Bukan hal yang aneh jika orang yang sangat aktif kehilangan hingga dua liter air melalui keringat selama latihan. Untuk mencegah dehidrasi, cairan yang hilang perlu diganti.

Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan mendengarkan tubuhmu, dan minum air saat merasa haus. Kamu juga harus minum air sebelum, selama, dan setelah aktivitas fisik apa pun.

Selain mendapatkan cukup air, menjaga pola makan yang penuh dengan makanan menghidrasi seperti buah-buahan dan sayuran adalah cara lain untuk mengisi kembali cairan yang hilang.

Ketika kamu tidak memiliki cukup air dalam tubuh, dehidrasi akan menyusul. Waspadai tanda-tanda ini:

1. Haus

Kamu akan lebih dehidrasi saat melakukan aktivitas fisik. (Foto: 123RF/puhhha)

Biasanya ketika rasa haus terjadi, orang tersebut mengalami dehidrasi sekitar 2%. Artinya, kamu harus segera mengambil segelas air. Jika sinyal tubuh itu tidak didengarkan, perlahan-lahan kamu akan menjadi lebih dehidrasi, terutama jika sedang melakukan aktivitas fisik.

2. Mulut kering

Tubuh tidak bisa menghasilkan air liur yang cukup saat kurang cairan. (Foto: 123RF/puhhha)

Mulut kering adalah cara lain tubuh memberi tahu butuh lebih banyak cairan. Tubuh tidak dapat menghasilkan air liur yang cukup jika tidak memiliki cukup cairan. Waspadai juga bau mulut, yang bisa disebabkan mulut kering. Ambil sebotol air, bukan permen penyegar napas.

Baca juga:

Bukan yang Dingin, Ternyata Air Hangat Ampuh Atasi Gerah

3. Urine berwarna gelap

Segera minum air putih jika urine berwarna gelap. (Foto: 123RF/Iurii Maksymiv)

Semakin banyak total cairan tubuh yang kamu miliki, semakin jernih warna urine. Jika warnanya lebih gelap, artinya lebih pekat, dan itu tandanya kamu harus minum lebih banyak air putih.

4. Kulit kering

Kulit kering bukan melulu harus pakai pelembap, coba dulu minum air putih. (Foto: 123RF/fizkes)

Kulit adalah organ terbesar tubuh manusia. Seperti organ lainnya, kulit membutuhkan jumlah suplai darah yang tepat agar dapat berfungsi. Jika kamu menyadari bahwa kulit terasa lebih kering dari biasanya, jangan hanya menggunakan pelembap. Ini bisa menjadi tanda bahwa kekurangan cairan.

5. Tekanan darah rendah

Plasma terdiri dari air. (Foto: Pexels/cottonbro)

Lebih dari separuh darah di dalam tubuh adalah plasma, bagian cair dari darah. Plasma terdiri dari air, protein, dan garam. Tanpa H2O yang cukup dalam plasma, darah akan menjadi lebih terkonsentrasi, dan akan jauh lebih sulit untuk mengalir melalui tubuh ke organ-organ yang membutuhkannya.

6. Sembelit

Sembelit tanda tubuh tidak cukup cairan. (Foto: Pexels/Andrea Piacquadio)

Seperti halnya sistem ginjal, sistem pencernaan membutuhkan banyak air agar dapat berjalan dengan lancar. Air memungkinkan makanan bergerak melalui usus, dan juga menjaga usus tetap sehat dan efisien. Sembelit bisa menjadi tanda bahwa tidak ada cukup cairan untuk membawa kotoran keluar-masuk tubuh.

7. Kelelahan

Ketika tubuh kekurangan air kamu akan kurang konsentrasi. (Foto: Pexels/Tim Gouw)

Selalu lelah? Segala sesuatu mulai dari kurang konsentrasi pada sore hari hingga kelelahan yang luar biasa dapat disebabkan dehidrasi. Ketika kamu tidak memiliki cukup air dalam tubuh, tekanan darah turun, aliran darah ke otak pun melambat, dan detak jantung meningkat. Semua konsentrasi pun buyar.

8. Sakit kepala

Sakit kepala adalah hal paling umum saat tubuh kurang cairan. (Foto: Pexels/Andrea Piacquadio)

Jika otak tidak mendapatkan cukup cairan untuk berfungsi dengan baik, berbagai gejala akan muncul. Sakit kepala adalah yang paling umum. Dehidrasi juga merupakan pemicu migrain yang umum. Pingsan, kehilangan kesadaran adalah gejala paling ekstrem dari dehidrasi.

Cara mengatasi dehidrasi tergantung tingkatannya. Untuk gejala ringan, minumlah air dan camilan yang mengandung natrium, yang menurut Dr. Smith membantu tubuh menahan cairan. Minumlah sedikit air alih-alih tegukan besar, karena terlalu banyak air dapat membuat perut mual.

Jika air dan camilan asin tidak cukup untuk membantu kamu bangkit kembali, bisa jadi gejala yang dialami pada tingkatan sedang. Kamu harus minum minuman olahraga dengan elektrolit. Elektrolit adalah mineral dalam cairan tubuh.

Untuk gejala berat perlu pertolongan medis. Misalnya jika muntah parah, perubahan status mental, dan pingsan adalah tanda pasti bahwa sudah waktunya untuk meminta bantuan. (aru)

Baca juga:

Manfaat Minum Air Es, Nomor 4 Belum Ada yang Tahu

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Seniman Terkenal di Balik Sampul Album Musik Legendaris
ShowBiz
Seniman Terkenal di Balik Sampul Album Musik Legendaris

Seniman-seniman ini menciptakan sampul karya seni populer.

Nakagami Pakai Motor Baru di MotoGP 2021
Fun
Nakagami Pakai Motor Baru di MotoGP 2021

Nakagami akan mendapatkan motor spesifikasi pabrikan untuk musim 2021.

Waspada Situs Palsu Menyerupai PeduliLindungi
Fun
Waspada Situs Palsu Menyerupai PeduliLindungi

Kementerian Kominfo mengimbau masyarakat agar selalu waspada terhadap segala disinformasi.

Cerita Irfan Hakim Merawat Binatang hingga Membangun Aviary
ShowBiz
Cerita Irfan Hakim Merawat Binatang hingga Membangun Aviary

Anggaran untuk binatang 3 kali lipat uang belanja istri.

Melihat Lebih Dekat DFSK Seres SF5 di GIIAS Surabaya 2021
Fun
Melihat Lebih Dekat DFSK Seres SF5 di GIIAS Surabaya 2021

DFSK memperkenalkan DFSK Seres SF5 di GIIAS Surabaya.

Sunmi ex Wonder Girls dan Tiffany SNSD Jadi Mentor 'Girls Planet 999'
ShowBiz
Huawei P50 Siap Rilis
Fun
Huawei P50 Siap Rilis

Kabarnya Huawei P50 memiliki kualitas kamera yang baik.

Pandemi, Floating Breakfast makin Hype
Travel
Pandemi, Floating Breakfast makin Hype

Hampir semua orang setuju bahwa tren ini dimulai di Bali.

Ariya 2023, SUV Listrik Terbaru Milik Nissan
Hiburan & Gaya Hidup
Ariya 2023, SUV Listrik Terbaru Milik Nissan

Pelanggan sudah bisa melakukan pemesanan.

Jaga Kondisi Mobil Agar Tetap Prima Saat PPKM
Fun
Jaga Kondisi Mobil Agar Tetap Prima Saat PPKM

Kenali tips merawat mobil agar tetap prima selama masa PPKM Darurat