Bukan yang Dingin, Ternyata Air Hangat Ampuh Atasi Gerah

Dwi AstariniDwi Astarini - Selasa, 02 Juli 2019
Bukan yang Dingin, Ternyata Air Hangat Ampuh Atasi Gerah
Air hangat lebih ampuh atasi gerah. (fotoa; pixabay/pezibear)

SAAT panas, badan gampang terasa gerah. Apalagi kalau kamu beraktivitas di luar ruang. Kalau sudah berkeringat, minuman dingin segar pasti diincar dan jadi pilihan pertama untuk hilangkan gerah.

Tahukah kamu, sebenarnya cara itu kurang tepat untuk mendinginkan tubuh saat sedang kepanasan. Sebaliknya, kamu justru disarankan minum yang hangat-hangat untuk mengusir gerah. Lho, kok begitu?

Seperti dilansir Hellosehat, sebuah penelitian pada 2012 di University of Ottawa School of Human Kinetic menyatakan bahwa mengasup minuman hangat justru bisa mendinginkan saat sedang kegerahan. Suhu hangat minuman tersebut akan memicu tubuh mengeluarkan banyak keringat.

Ketika lidah terbasahi dengan minuman hangat, reseptor saraf lidah akan mengirimkan sinyal 'panas' yang dibaca otak sebagai bahaya. Otak kemudian akan berusaha melindungi kamu dari peningkatan suhu tubuh berlebihan dengan memproduksi keringat. Nah, berkeringat merupakan cara alami tubuh untuk mendinginkan suhunya.

Cara mendinginkan tubuh ini akan lebih manjur lagi jika kamu minum minuman hangat di tempat yang terbuka. Kalau kamu sedang merasa gerah dan minum segelas air hangat di ruangan tertutup, tubuh justru akan menarik kembali keringat. Akibatnya, suhu inti tubuh justru akan semakin meningkat yang membuat kamu merasa semakin gerah dan kepanasan.

Selain minum air hangat, ada juga lho cara-cara jitu mengusir gerah.


1. Ngadem di ruangan dingin

ngadem
Ngadem di kamar ber-AC. (foto: pixabay/xiangying_xu)


Wajar sih kalau ingin ngadem di ruangan dingin ketika merasa gerah. Masuk ke ruangan ber-AC, tapi jangan lupa untuk buka jendela lebar-lebar untuk membiarkan semilir angin masuk. Ingat juga untuk menutup gorden supaya sinar terik matahari bisa terhalangi.


2. Mandi air dingin

bath
Mandi untuk hilangkan gerah. (foto: pixabay/wilkernet)


Mandi air dingin bisa jadi cara yang tepat untuk mendinginkan tubuh setelah panas-panasan beraktivitas. Mandi bisa menormalkan kembali suhu tubuh. Ingat ya, keringkan dulu keringat yang menempel sebelum membasuh tubuh.

3. Makan buah

eat
Makan buah yang berair. (foto: pixabay/sponchia)


Makanlah sayur dan buah yang mengandung banyak air, seperti semangka, timun, selada, bayam, buah-buahan berry, hingga melon dapat membantu mengusir kegerahan. Jadikan buah-buahan itu sebagai topping yogurt dingin untuk dicamil ketika cuaca panas sembari mencegah tubuh dari dehidrasi.


4. Minum air putih

water
Minum air putih. (foto: pixabay/public domain pictures)

Cuaca panas rentan membuat tubuh dehidrasi. Tangkal dengan minum air putih atau minuman elektrolit yang bisa bantu kembalikan cairan tubuh yang hilang dari keringat.(*)

Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan