Tanaman Hias Ini Bisa Membersihkan Udara dalam Ruangan

Muchammad YaniMuchammad Yani - Rabu, 30 Desember 2020
Tanaman Hias Ini Bisa Membersihkan Udara dalam Ruangan
Tanaman lidah mertua dan lidah buaya. (Foto: 123RF/milkos)

KEBERSIHAN udara dalam ruangan menjadi banyak perhatian pada masa pandemi COVID-19 saat ini. Menjaga kesehatan pernapasan adalah hal penting, mulai dari pemakaian masker, air purifier, hingga menjaga sirkulasi udara dalam ruangan.

Perlu diketahui, di dalam ruangan tertutup berbagai zat kimia dan polusi udara juga dapat masuk. Zat polutan yang banyak terdapat di dalam rumah adalah formaldehyde, volatile organis compunds, karbon monoksida, nitrogen oksida, pestisida dan disinfektan. Jika sering terpapar jenis polutan tersebut, maka dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti alergi, sakit kepala, mudah lelah bahkan kanker yang berujung kematian.

Baca juga:

Lima Cangkir Teh Per Hari Aktifkan Fungsi Otak

Selain dengan menggunakan air purifier, menjaga kebersihan udara dalam ruangan juga bisa dilakukan dengan menaruh tanaman hias tertentu yang dapat menyerap polusi beracun. Berikut beberapa jenis tanaman hias pembersih udara:

1. Lidah Mertua

Tanaman lidah mertua. (Foto: 123RF/piksel)
Tanaman lidah mertua. (Foto: 123RF/piksel)

Memiliki nama latin Sansevieria trifasciata tanaman ini bentuknya yang seperti lidah, panjang dan di bagian tepi daunnya ada garis panjang berwarna kuning. Terdapat dua jenis lidah mertua dengan daunnya yang pendek dan panjang.

Tidak susah merawat tanaman yang satu ini, karena mampu bertahan hidup di tempat yang kering dan jangan khawatir untuk tidak menyiramnya. Di balik bentuk daunnya yang unik dan dapat memperindah suatu ruangan, lidah mertua ini sanggup untuk membersihkan udara dari racun-racun yang menyebar.

Polusi udara atau racun udara yang menyebar dalam ruangan dapat diserap tanaman lidah mertua. Mengutip bibitbunga.com (30/12), sebuah riset yang dilakukan di fakultas MIPA, universitas Brawijaya Malang membuktikan bahwa ruangan sebesar 100 meter kubik yang berisi berbagai macam polutan di dalamnya dapat dibersihkan dan diserap habis oleh lima helai daun lidah mertua dewasa.

Baca juga:

Tanda-tanda Dehidrasi Ini Jangan Dicuekin

2. Karet Kebo

Tanaman karet kebo atau karet merah. (Foto: 123RF/Elena Grishina)
Tanaman karet kebo atau karet merah. (Foto: 123RF/Elena Grishina)

Tanaman karet kebo atau karet merah yang juga disebut rubber plant ini, juga mampu menyerap zat-zat kimia atau racun udara. Tanaman dengan nama latin Ficus elastica ini memiliki tekstur daun yang kenyal seperti karet.

Merawat karet hias di rumah kamu tidak perlu melakukan penyiraman secara rutin dan sebaiknya diletakkan di tempat yang teduh atau lembap. Jangan menaruh tanaman karet kebo ini di tempat yang terlalu terang atau di bawah sinar matahari.

3. Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya. (Foto: 123RF/Olga Yastremska)
Tanaman lidah buaya. (Foto: 123RF/Olga Yastremska)

Saat musim panas atau musim kemarau datang, merawat atau menyimpan lidah buaya di rumahmu pilihan yang sangat tepat! Selain gel lidah buaya memberikan segudang manfaat, tanaman ini juga mampu menurunkan suhu panas di ruangan. Lidah buaya atau Aloe vera juga mampu membersihkan udara dari zat kimia seperti formaldehida atau formalin dan benzene yang berasal dari cairan pembersih dan cat.

Tanaman hias tersebut dengan mudah bisa kamu dapatkan di toko atau penjualan tanaman pinggir jalan. Pilih yang tanaman yang kamu sukai dan rasakan manfaatnya. Kamu tidak perlu khawatir lagi dengan udara di dalam rumah yang sudah terbebas dari jahatnya polusi yang bisa mengganggu sistem pernapasan. (Aru)

Baca juga:

Bukan yang Dingin, Ternyata Air Hangat Ampuh Atasi Gerah

#Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan