Taman Nasional Aketajawe Lolobata, Surga buat Pencinta Wisata Petualangan Taman Nasional Aketajawe Lolobata. (Foto: instagram.com/litchzy_kk)

BUAT kamu pencinta wisata petualangan, mengunjungi taman nasional wajib dilakukan. Ada banyak taman nasional yang tersebar di seluruh Indonesia. Salah satu yang wajib kamu jelajahi yaitu Taman Nasional Aketajawe Lolobata.

Taman Nasional Aketajawe Lolobata terletak di tiga kabupaten, Tidore Kepulauan, Halmahera Tengah, dan Halmahera Timur, Maluku Utara.

Baca Juga:

Unik! Ada Hotel Berbentuk Anjing di Amerika Serikat

Dikutip Arah Destinasi, wisatawan bisa melakukan banyak kegiatan, mulai dari hiking menuju air terjun, susur gua, pengamatan burung, pengamatan kupu-kupu, dan berharmoni dengan alam melalui aktivitas kemping.

Satu hal yang harus diingat, menjelajahlah bersama pemandu lokal yang sudah disediakan taman nasional. Situasi alam tak pernah diduga, keberadaan pemandu akan meningkatkan faktor keamanan.


Air Terjun Havo

Air Terjun Havo. (Foto: instagram.com/davidakhmad)
Air Terjun Havo. (Foto: instagram.com/davidakhmad)

Jika ingin hiking dengan usaha yang tidak terlalu berat, maka Air Terjun Havo bisa jadi pilihan. Air terjun ini jadi favorit wisatawan. Waktu perjalanan dari pintu taman nasional sekitar 1 jam. Kelelahan pasti terbayar dengan pemandangan menakjubkan dan kesejukan udara.

Air terjun Havo memiliki 38 undakan, dengan ketinggian masing-masing sekitar 2 hingga 3 meter. Tiap batu di undakan bisa dijejak atau didaki. Jika enggan menjelajahi setiap undangan air terjun, bisa menikmati air di bagian bawah, atau sekadar duduk santai sembari mendengar gemuruh air dan suara burung yang melengkapi eksotisme alam di Akatejawe.


Susur Gua

Susur gua bisa jadi pilihan petualangan di Taman Nasional Aketajawe Lolobata. (Foto: Instagram @j.hendriette)
Susur gua bisa jadi pilihan petualangan di Taman Nasional Aketajawe Lolobata. (Foto: Instagram @j.hendriette)

Buat penyuka susur gua, Akatejawe menawarkan banyak mulut-mulut gua yang bisa dijelajahi. Sekali lagi, gunakan jasa pemandu untuk meminimalisasi hal-hal yang tidak diinginkan. Setiap gua memiliki keindahan masing-masing.

Ada banyak jenis gua yang bisa dijelajahi, mulai dari yang mudah tanpa peralatan hingga yang membutuhkan peralatan. Ada jenis gua horizontal, vertikal, bertingkat, sampai gua dengan genangan air.

Baca Juga:

Berkunjung ke Calon Ibu Kota? 6 Kuliner Ini Pasti Bikin Kamu Ngiler

Pengamatan Burung & Kupu-Kupu

Pengamatan burung bisa pilihan menarik di Taman Nasional Aketajawe Lolobata.(Foto: instagram.com/andialbayquni)
Pengamatan burung bisa pilihan menarik di Taman Nasional Aketajawe Lolobata. (Foto: instagram.com/andialbayquni)

Akatejawe merupakan salah satu taman nasional yang bakal memanjakan para pengamat burung dan kupu-kupu. Beberapa burung yang dilindungi adalah elang alap halmahera, julang irian, raja udang biru langit, rajawali kuskus, baza pasifik, elang kelabu, junai mas, raja udang merah kerdil, nuri bayam, alap-alap sapi, elang bondol, dan masih banyak lagi. Untuk melakukan aktivitas ini disarankan untuk datang sebelum pukul 06.00 atau sebelum 18.00.


Akses menuju taman nasional

Taman Nasional Aketajawe Lolobata. (Foto: instagram.com/heidishipwrecked)
Taman Nasional Aketajawe Lolobata. (Foto: instagram.com/heidishipwrecked)

1. Perjalanan bisa dimulai dengan titik pertama Ternate

2. Dari Ternate menuju Taman Nasional Aketajawe Lolobata menggunakan speedboat menuju Sofifi dengan biaya Rp50.000/orang

3. Setelah itu menuju kantor balai konservasi sekitar 20 menit perjalanan

4. Tiket masuk untuk wisatawan lokal Rp5.000 dan wisatawan asing Rp150.000

5. Tarif pemandu Rp150 ribu hingga Rp200 ribu/hari

6. Ada fasilitas bumi perkemahan, dan ada rumah singgah/homestay dengan harga Rp150 ribu/orang/malam

7. Untuk makan Rp30.000 sekali makan. (*)

Baca Juga:

5 Hal Asyik Dilakukan ketika Pesawatmu Delay



Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH