Kuliner

Strawberry Lemonade untuk Menyegarkan Harimu

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Kamis, 25 November 2021
Strawberry Lemonade untuk Menyegarkan Harimu
Minuman musim panas yang cocok dibuat di rumah. (Foto: Instagram/justyna_bystrzycka)

SEDANG haus-hausnya tak perlu repot beli minuman dingin di luar. Buka kulkas kamu, lihat persediaan. Ada stroberi dan limun? Dua bahan ini sudah cukup untuk jadi modal kamu membuat minuman dingin nan menyegarkan. Bahan lain yang kamu butuhkan pasti juga ada di dapur.

Mengutip dari Mashed, campuran limun dan stroberi bisa menjadi minuman segar yang menyegarkan dahaga selama musim panas. Kamu hanya perlu sekitar tiga cangkir stroberi yang sudah dicincang atau sebanyak 20 buah stroberi berukuran sedang, beberapa buah lemon berukuran besar, satu setengah cangkir gula pasir, dan tiga cangkir air. Bahan-bahan ini tentunya bisa kamu dapatkan dengan mudah.

Baca Juga:

Smoothies Kopi Cocok untuk Sarapan dan Asupan Kafeinmu

Setelah semua bahan tersedia, cuci dan potong stroberi dan lepaskan batang hijau yang ada di atasnya. Potong stroberi menjadi separuh atau seperempat bagian tergantung pada ukurannya. Kamu tidak perlu memotongnya dengan rapi atau terlalu kecil karena mereka akan dimasak dan dihancurkan nantinya. Selanjutnya, cuci lemon dan parut bagian kulitnya. Kemudian potong lemon menjadi dua dan dan peras airnya. Pastikan kamu mendapatkan banyak cairannya.

Menggunakan bahan-bahan dari buah yang segar. (Foto: Instagram/elpidan)

Dalam panci besar, campurkan tiga cangkir air, gula, stroberi, jus lemon, dan sedikit parutan lemon. Didihkan di atas api sedang hingga tinggi, lalu biarkan di atas api sedang selama 20 menit, aduk sesekali sambil dihancurkan sampai stroberi lembut.

Alasan kamu tidak boleh terus menggunakan api yang terlalu besar karena kamu bisa membakar gula dan stroberi hingga menjadi pahit dan gosong. Alhasil, selera kamu bisa berkurang.

Baca Juga:

Tempe Mendoan Jadi Warisan Budaya Takbenda Indonesia 2021

Campur sari buah dengan air. (Foto: Instagram/@nut.michelleavilap)

Selanjutnya, saring semua bahan yang dimasak tadi dan ambil sarinya saja, lalu biarkan dingin selama 10 menit. Saat menyaring campuran, gunakan sendok kayu atau spatula untuk memindahkan stroberi dan lakukan teknik menekan-nekan stroberi di saringan hingga hancur. Luangkan waktu kamu untuk menyaring cairannya hingga sepenuhnya tersaring.

Untuk menikmatinya, siapkan gelas dan buat rasio 3 banding 1 untuk air dan cairan yang disaring tadi. Tambahkan stroberi dan irisan lemon untuk hiasan jika kamu menginginkannya. Strawberry lemonade siap menyegarkan harimu. (tel)

Baca Juga:

Deretan Fakta Unik Tentang Se'i, Kuliner Khas NTT yang Bikin Nagih

#Kuliner
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan