Kesehatan

Sperma Berubah Warna Pertanda Penyakit?

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Minggu, 09 Februari 2020
Sperma Berubah Warna Pertanda Penyakit?
Masalah sperma, masalah kesehatan (Foto: Pixabay/Pexels)

NORMALNYA, sperma berwarna putih dan sedikit kuning atau keabu-abuan. Faktanya, warna sperma tidak hanya putih melainkan terdiri dari beberapa warna tertentu. Warna tersebut dapat melihat bagaimana status kesehatan seseorang, bisa normal atau menjadi tanda suatu penyakit.

Perlu diketahui cairan berwarna putih atau keabu-abuan yang keluar saat ejakulasi bukanlah sperma, melainkan air mani. Jutaan sperma yang ada di dalam air mani memanfaatkan air mai sebagai 'kendaraan' untuk menuju sel telur. Tanpa air mani, sperma tidak bisa berenang dan sampai di sel telur.

Baca juga:

Konsumsi 3 Makanan Super ini untuk Membuat Sperma Lebih Berkualitas

Warna sperma ternyata bisa berbeda-beda, tergantung dari faktor genetik, pola makan, dan kondisi kesehatan pria. Dirangkum dari laman Alodokter, simak penjelasan dari setiap warna air mani.

1. Bening, putih, dan abu-abu

Sperma Berubah Warna Pertanda Penyakit?
Menandakan bahwa kondisi kesehatan yanng normal. (Foto: Pixabay/geralt)

Warna tersebut adalah warna air mani pada umumnya yang menandakan seseorang dalam keadaan sehat dan normal.

Perbedaan warna bening sampai abub-abu ini ditentukan oleh kandungan mineral, protein, hormon, dan enzim yang berasal dari kelenjar reproduksi pria.

2. Kuning

Sperma Berubah Warna Pertanda Penyakit?
Warna kuning berasal dari campuran urine. (Foto: Pixabay/TBIT)

Saat ejakulasi, air mani keluar melewati uretra atau saluran kencing. Penyebab timbulnya warna kuning adalah air mani yang tercampur dengan urin. Selain itu juga dipengaruhi oleh makanan yang mengandung pigmen kuning alami, seperti kunyit misalnya.

Bagi para perokok atau mereka yang mengonsumsi minuman beralkohol juga menyebabkan air mani berwarna kuning. Sebenarnya, kondisi ini tidak menjadi masalah. Namun, jika disertai dengan kondisi lain yang mengganggu, ada baiknya untuk memeriksa diri ke dokter.

Tidak menutup kemungkinan air mani berwarna kuning disebabkan karena penyakit kuning, infeksi prostat, atau penyakit menular seksual.

Baca juga:

Ingin Sperma Sehat? Tidur Lebih Dahulu

3. Merah atau merah muda

Sperma Berubah Warna Pertanda Penyakit?
Tercampur dengan darah segar. (Foto: The Conversation)

Warna ini menandakan bahwa air mani tercampur dengan darah segar atau hematospermia. Darah pada air mani bisa berasal dari testis, tekanan darah tinggi, infeksi menular seksual, masturbasi yang terlalu kasar, atau sisa operasi prostat.

4. Oranye atau cokelat

Sperma Berubah Warna Pertanda Penyakit?
Warna oranye muncul karena mengonsumsi vitamin B. (Foto: Pixabay/sciencefreak)

Warna oranye disebabkan karena mengonsumsi suplemen vitamin B atau antibiotik, seperti metronidazole dan rifampicin. Adanya darah yang sudah teroksidasi dalam air mani juga bisa membuat sperma berwarna oranye atau cokelat.

5. Hitam

Sperma Berubah Warna Pertanda Penyakit?
Warna hitam merupakan darah yang sudah berdiam terlalu lama. (Foto: Newlife IVF Greece)

Mungkin kamu bertanya-tanya, bagaimanan bisa air mani berwarna hitam. Ya, warna hitam yang dimaksudkan adalah karena darah yang sudah berdiam lama di dalam tubuh sebelum akhirnya keluar.

Warna sperma yang hitam juga kerap dikaitkan dengan beberapa kondisi medis, seperti cedera tulang belakang dan tingginya logam di dalam tubuh.

Perubahan menjadi warna hitam sebenarnya belum tentu serius. Namun jika disertai keluhan seperti sulit buang air kecil, bengkak di area kemaluan, atau demam, segera konsulitasikan ke dokter. (And)

Baca juga:

5 Makanan yang Meningkatkan Kualitas Sperma

#Sperma #Alat Reproduksi #Organ Reproduksi Pria #Penis #Kesehatan #Info Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Ananda Dimas Prasetya

nowhereman.. cause every second is a lesson for you to learn to be free.
Bagikan