hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-1
5 Makanan yang Meningkatkan Kualitas Sperma Makanan penungkat kualitas sperma (Sumber: Pixabay/RyanMcGuire)
hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-2
hiburan-gaya-hidup-mobile-singlepost-banner-7

Kemandulan atau infertilitas bukan hanya berlaku pada perempuan saja, melainkan juga untuk pria. Kemandulan pada pria terjadi karena banyak faktor. Namun dari semuanya itu jumlah sperma yang rendah menjadi penyebab utama.

Gaya hidup memiliki dampak besar pada jumlah sperma pria. Misalnya saja merokok, obat-obatan dan penggunaan steroid. Pola makan seperti makanan olahan, gula, dan lemak tidak sehat menjadi penyebab lain mengapa pualitas sperma menurun.

Nah, dilansir dari Boldsky, bagi kamu yang mengalami masalah tersebut, mungkin bisa mengonsumsi beberapa makanan ini.

1. Bayam

Bayam (Sumber: Pixabay/MabelAmber)
Bayam (Sumber: Pixabay/MabelAmber)

Sayuran berdaun seperti bayam kaya akan asam folat. Mereka membantu meningkatkan kesehatan dan motilitas sperma. Mengonsumsi bayam secara teratur juga diketahui memiliki dampak signifikan pada jumlah sperma, meningkatkannya ke tingkat yang sehat.

2. Telur

Telur (Sumber: Pixabay/stevepb)
Telur (Sumber: Pixabay/stevepb)

Telur adalah sumber protein tertinggi bagi manusia. Telur sangat bagus untuk meningkatkan jumlah sperma. Protein dikenal sebagai bahan pembangun sperma. Karenanya mengonsumsi protein berkualitas baik pasti akan menghasilkan jumlah sperma yang lebih tinggi.

3. Cokelat hitam

Dark Chocolate (Sumber: Pixabay/AlexanderStein)
Dark Chocolate (Sumber: Pixabay/AlexanderStein)

Cokelat hitam atau dark chocolate mengandung asam amino yang tinggi. Mengonsumsinya adalah cara terbaik untuk meningkatkan jumlah dan kualitas sperma. Namun jika kamu tidak terlalu menyukai cokelat hitam dan memilih versi manisnya, jangan coba-coba mengonsumsinya. Hal itu karena gula adalah musuh terburuk sperma.

4. Bawang putih

Bawang putih (Sumber: Pixabay/stevepb)
Bawang putih (Sumber: Pixabay/stevepb)

Meski bukan makanan lezat, bawang putih punya segudang manfaat kesehatan. Salah satunya meningkatkan kuatitas sperma dalam waktu singkat. Hal itu karena bawang putih memiliki vitamin B6 dan selenium yang akan membantu mencegah kerusakan sperma.

5. Asparagus

Asparagus (Sumber: Pixabay/RitaE)
Asparagus (Sumber: Pixabay/RitaE)

tumbuhan hijau yang sehat ini memiliki kadar vitamin C yang tinggi. Hal itu membuatnya mampu melindungi sperma dari kerusakan akibat radikal bebas. Asparagus juga bisa meningkatkan jumlah sperma secara signifikan.


hiburan-gaya-hidup-mobile-singlepost-banner-3
Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH


hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-4
hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-5