Spektakuler! Beberapa Komet Paling Terang Disaksikan Dengan Mata Telanjang Sering disebut sebagai bintang berekor. (Pexels.Neale LaSalle)

KOMET merupakan benda langit mengelilingi matahari dengan garis edar berbentuk lonjong, parabolis, atau hiperbolis. Di antara beberapa fenomena langit, komet termasuk kategori jarang terlihat karena hanya muncul beberapa tahun sekali.

Baca juga: Sejarah Baru! Astronot Berhasil Membuat Biskuit Cokelat di Luar Angkasa



Meski begitu, ternyata cukup banyak komet terlihat melintasi langit. Beberapa komet dapat dengan mudah terlihat dengan mata telanjang manusia karena memancarkan cahaya sangat terang. Berikut adalah beberapa diantaranya.



Komet Halley, 1910

Komet
Cahaya maksimalnya mengalahkan Venus.(hubble-stsci)

Kehadirannya ditunggu banyak orang karena hanya muncul setiap 75 tahun sekali. Komet Halley muncul terakhir kali pada tahun 1986. Pada tahun 1910 merupakan kemunculan paling mengagumkan.

Dilansir dari laman space.com dan wired.com, tepatnya pada tanggal 19 Mei 1910, komet Halley datang dari timur setelah bulan terbenam melewati langit dengan jarak hanya 22,4 juta kilometer dari bumi pada tanggal 19 Mei 1910. Sosoknya dapat dilihat dengan mata telanjang di langit.



Komet Skjellerup-Maristanny, 1927

Komet
Digambarkan sebagai air mancur cahaya. (sciencephoto)

Terdeteksi pertama kali di awal desember tahun 1927 namun sulit dilihat. Baru pada tanggal 18 desember 1927, komet Skjellerup-Maristanny berada dalam titik puncaknya dengan jarak 16,7 juta kilometer dari matahari. Begitu terangnya hingga dapat dilihat dengan mudah bergerak ke arah selatan dan memudar dengan cepat.


Ikeya-Seki, 1965

Komet
Panjang ekornya 120 juta km. (Twitter)

Dipercaya sebagai komet paling terang benderang di abad 20, kemunculannya terlihat di siang hari. Puncaknya adalah pada tanggal 21 Oktober 1965. Komet ini mendekati matahari dengan jarak 1,2 juta kilometer.


Di akhir November 1965 bagian ekor sepanjang 120 juta km masih dapat terlihat mendominasi di langit bagian timur walaupun posisinya sudah jauh dari matahari di akhir November 1965. Pengamat Jepang meyakini jika keterangannya sepuluh kali melebihi bulan purnama.

Baca juga: Virgin Galactic Bersiap ke Luar Angkasa

West, 1976

Komet
Terdeteksi bergerak ke arah selatan. (Baddogneedsrottenhome)

Terdeteksi di awal bulan Maret 1976 setelah ditemukan satu tahun sebelumnya oleh astronom Denmark, Richard West. Komet West ini nampak pada pagi hari mendekati matahari dengan jarak terdekat 29,5 juta kilometer. Keindahannya semakin terlihat dan digambarkan sebagai "air mancur cahaya" oleh para ahli beberapa hari kemudian.




McNaught, 2007

Komet
Muncul setiap 75 tahun sekali. (Commons.wikimedia)

Ditemukan seorang astronom Australia bernama Robert McNaught. Komet ini berubah semakin terang saat posisinya mendekati matahari yang jarak 25,6 juta km pada tanggal 12 Januari 2007. Intensitas cahayanya berubah maksimal mengalahkan Venus pada tanggal 14 Januari 2007. Banyak saksi mati yang berhasil melihat di siang hari dengan mudah. Nampak bagian ekor yang mirip kipas pada malam hari di bumi bagian selatan. (lgi)

Baca juga: Mengintip Robot Perempuan Asal India yang Akan Dikirim ke Luar Angkasa


Tags Artikel Ini

Yudi Anugrah Nugroho

LAINNYA DARI MERAH PUTIH