Mengintip Robot Perempuan Asal India yang Akan Dikirim ke Luar Angkasa India akan terbangkan robot perempuan ke luar angkasa (Foto: ndtv)

INDIA kian menggaungkan taringnya untuk menjadi pemain besar pada misi antariksa. Kali ini mereka berencana mengirimkan robot humanoid perempuan menuju ke luar angkasa.

Robot perempuan itu diberi nama Vyommitra, dan diperkenalkan pada publik oleh India Space research Organisation (ISRO). Namanya merupakan sebuah kombinasi dari kata sanskrit, yang memiliki arti luar angkasa dan teman.

Baca Juga:

Mengenal MarsCat, Si Robot Kucing Canggih Berharga Fantastis

Vyommitra Robot perempuan asal India (foto: hindustantimes)

Peluncuran robot perempuan tersebut ke luar angkasa, merupakan bagian dari program Gaganyaan yang dicanangkan oleh ISRO, seperti yang dilansir dari India Today.

Program itu bertujuan untuk mengirimkan astronot India ke Luar Angkasa, dalam hal ini, Vyommitra merupakan bagian dari persiapan itu.

Baca Juga:

Mirip Transformers di Kehidupan Nyata, Mainan Robot ini Gegerkan CES 2020

ISRO berencana untuk meluncurkan Vyommitra di tahun 2020. Setelah itu, Vyommitra akan ikut misi tanpa awak ISRO, yang rencananya berlangsung pada bulan Desember 2020 dan Juni 2021.

Kendati terlihat seperti perempuan dan mempunyai dua tangan yang berfungsi. Vyommitra tak memiliki kaki. Namun robot yang satu ini memiliki banyak kemampuan yang ditujukan untuk membantu kerja astronot, seperti dalam mengoperasikan panel kontrol, berbicara dalam dua bahasa serta memonitor kondisi wahana antariksa.

"Robot ini setengah humanoid karena tak memiliki kaki. Dia bisa membungkuk ke samping serta ke depan" ujar Ilmuwan ISRO, Sam Dayal.

Usai gagal mendaratkan misi Chandrayaan-2 di Bulan pada bulan September lalu, ambisi India untuk menaklukan luar angkasa kian menggebu-gebu. Dimana untuk misi Gaganyaan, India bertekad meluncurkan tiga astronot India, menggunakan roket serta kapsul buatan India. (Ryn)

Baca Juga:

Viral! Robot Canggih Ini Bisa mengerjakan PR Menyerupai Tulisan Tangan

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala