Sejarah Baru! Astronot Berhasil Membuat Biskuit Cokelat di Luar Angkasa Seorang Astronot Berhasil Membuat Biskuit Cokelat di Luar Angkasa(Foto: NASA)

BELUM lama ini para Astronot yang tinggal di International Space Station (ISS), sukses membuat biskuit cokelat di luar angkasa. Hal itu merupakan pertama kalinya sebuah makanan sukses di panggang di luar angkasa.

Pembuatan biskuit tersebut, merupakan sebuah bagian dari eksperimen yang dilakukan oleh astronot Luca Parmitano serta Christina Koch.

Baca Juga:

Mengintip Robot Perempuan Asal India yang Akan Dikirim ke Luar Angkasa

Seperti yang dilansir dari laman BBC, tujuan dari eksperimen itu yakni untuk melihat, apakah memasak dapat dilakukan untuk perjalanan antariksa dengan durasi yang panjang.

Pembuatan biskuit itu sendiri, dilakukan pada bulan Desember 2019 silam, dan hasilnya dikirim kembali ke Bumi dengan kapsul Dragon milik SpaceX pada awal Januari lalu.

Sebuah adonan biskuit cokelat tersebut terlebih dahulu dibuat di Bumi oleh Duoble Tree. Di mana proses pemanggangannya dikembangkan oleh NanoRacks serta Zero G Kitchen.

Dalam eksperimen ini, lima buah biskuit dipanggang selama beberapa hari, guna menentukan durasi serta temperatur yang ideal. Double Tree menuturkan, untuk memanggang biskuit di Bumi membutuhkan temperatur 150 derajat celcius selama 20 menit.

Baca Juga:

Mengenal MarsCat, Si Robot Kucing Canggih Berharga Fantastis

Eksperimen Astronot Memanggang Biskuit
Sejumlah astronot melakukan eksperimen memanggang biskuit dalam waktu berbeda (Foto: NASA)

Setelah dilakukan eksperimen, rupanya memanggang biskuit di luar angkasa membutuhkan waktu yang cukup lama. Di mana saat biskuit pertama dipanggang selama 25 menit namun masih mentah.

Pada Biskuit kedua, butuh waktu dipanggang sekitar 75 menit untuk mengeluarkan aroma yang sedap. Sementara untuk biskuit keempat serta kelima menjadi percobaan yang paling sukses, karena bentuknya mirip dengan biskuit cokelat yang dibuat di Bumi.

Astronot Membuat Biskuit Cokelat
Setelah melakukan sejumlah eksperimen, astronot menemukan hasil yang menjelaskan biskuit bisa dipanggang di luar angkasa (Foto: NASA)

Dalam hal ini, biskuit keempat dipanggang selama 120 menit lalu didiamkan selama 25 menit. Sementara biskuit yang keempat dipanggang selama 130 menit lalu didiamkan selama 10 menit.

Aroma dari biskuit cokelat tersebut disebut-sebut mirip dengan apa yang dibuat di bumi. Namun sayangnya soal rasa belum diketahui, karena astronot yang membuat biskuit antariksa tersebut belum bisa mencicipi biskuit yang dipanggan di luar angkasa tersebut.

Nantinya, usai sampai di Bumi, biskuit cokelat tersebut terlebih dahulu akan menjalani beberapa ujicoba yang dilakukan oleh para ahli makanan profesional, guna menentukan biskuit tersebut layak dimakan atau tidak. (ryn)

Baca Juga:

Mengintip Konsep Kendaraan Luar Angkasa dari Lexus

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH