Spectacles 3, Kacamata AR Terbaru dari Snapchat Snapchat merilis kacamata AR terbaru mereka. (foto: spectacles.com)

SNAPCHAT baru saja mengumumkan produk terbaru mereka, Spectacles 3, Rabu (13/8). Spectacles adalah kacamata yang dilengkapi kamera di ujung bingkainya. Ada tombol untuk mengambil video atau foto untuk diunggah ke media sosial Snapchat.

Perbedaan antara Spectacles 3 dan model sebelumnya terletak tambahan kamera di kedua ujung bingkai. Selain itu, rilisan terbaru ini punya desain yang lebih ringan. Kedua kamera pada Spectacles 3 memungkinkan gambar yang diambil memiliki tingkat kedalaman dan bahkan membuat efek 3D. Sementar aitu, tidak ada perubahan yang begitu mencolok pada fitur antara Spectacles 3 dan model sebelumnya.

BACA JUGA: 5 Barang yang Paling Pas Dibeli Daring

Tombol untuk mengambil foto tetap sama, yaitu terletak di atas kamera. Untuk mengisi daya Spectacles, terdapat kotak kacamata khusus yang juga memiliki baterai sendiri. Kacamata pintar ini dapat dicas dengan menggunakan kabel USB-C.

The Verge menyebut Spectacles dapat merekam 70 video dan lebih dari 200 foto dalam sekali pengecasan. Memori 4GB yang tertanam dalam Spectacles dapat menyimpan hingga 100 video dan 1.200 foto.

Saat ini, Spectacle 3 dapat dipesan di situs Spectacles.com. Pembeli dapat memilih dua warna yang disediakan Snapchat, yaitu hitam karbon dan mineral (mirip dengan warna krim).

spectacles 3
Dua kamera untuk membuat efek 3D. (foto: spectales.com)

Kacamata ini dikabarkan dijual secara terbatas oleh Snapchat seharga US$380 atau setara Rp5,4 juta pada November nanti. Itu berarti terjadi penaikan harga hingga dua kali lipat ketimbang model sebelumnya yang hanya seharga US$150 atau Rp2,1 juta.

Menurut The Verge, harga Spectacles 3 yang tinggi ini nampaknya akan menurunkan daya tarik perangkat milik Snapchat ini. Sayangnya, Spectacles 3 tidak menjawab masalah yang seharusnya difokuskan Snapchat. Masalah yang membuat konsumen berpikir untuk membeli Spectacles ialah waktu pengiriman data video atau foto ke ponsel pengguna.

spectacles 3
Sudah dapat dipesan. (foto: spectacles.com)

Untuk mengirim data ke ponsel, Spectacles menggunakan bluetooth atau koneksi wifi. Waktu pengiriman itu cukup lama. Hal itu membuat konsumen berpikir bahwa mengambil gambar menggunakan Spectacle hanya membuat repot. Para konsumen lebih memilih menggunakan cara biasa mengambil gambar, yaitu menggunakan kamera yang ada di ponsel mereka.(asep)

BACA JUGA: Museum Kelas Dunia Ini Benar-benar Dibuat untuk Instagram Kamu



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH