Skipping Bikin Badan Tambah Tinggi, Benarkah? Skipping tidak hanya berfokus pada tinggi badanmu saja. (Foto Decathlon)

LOMPAT tali atau skipping merupakan aktivitas olahraga yang bisa dilakukan di mana saja dan murah. Di sisi lain, banyak yang mengatakan skipping bisa menjadi cara cepat untuk menambah tinggi badan.


Namun, benarkah demikian?

Perlu diketahui, gen menjadi faktor utama yang menentukan tinggi badan seseorang. Sekitar 60% sampai 80% tinggi badan ditentukan genetik warisan orangtua. Bisa jadi kamu ialah cerminan dari tinggi atau tidaknya orangtuamu. Sisanya tergantung dari faktor lingkungan serta nutrisi makanan yang kamu konsumsi.

BACA JUGA:

Waspadai Batu Ginjal Tanduk Rusa yang Muncul Tanpa Gejala

Mengutip Hellosehat, berolahraga teratur dapat membantu menambah tinggi badan. Selama berolahraga, tubuh akan melepaskan lebih banyak hormon pertumbuhan (HGH) untuk mendukung pertumbuhan tinggi badan yang lebih maksimal. Olahraga secara umum juga akan membantu menguatkan struktur otak dan tulang. Begitu juga saat melakukan skipping. Tulang dilatih untuk menerima beban dengan menopang berat badan. Pembebanan itulah yang memicu terbentuknya sel-sel tulang yang baru.

skipping
Akan memengaruhi tinggi jika dilakukan secara rutin sejak kecil. (Foto Unsplash Charlotte Karlsen)

Skipping bisa menambah tinggi badan terlebih jika sudah rutin dilakukan sejak anak-anak hingga seterusnya. Terlebih, pada tulang anak-anak dan remaja yang masih mengalami pertumbuhan, pembentukan sel-sel tulang baru akan memengaruhi ukuran tuulang menjadi semakin panjang. Perlu diingat, tinggi badan akan berhenti tumbuh ketika lempeng epifisis menutup.

Tinggi badan perempuan umumnya akan berhenti di usia 16 tahun, sedangkan pria di usia 18 tahun. Ketika sudah menutup, itulah hasil akhir tinggi badanmu saat dewasa. Tidak mengherankan jika skipping menjadi salah satu aktivitas fisik yang sangat membantu pertumbuhan tinggi badan anak. Bagi yang sudah berusia 30 tahun, skipping hanya bermanfaat untuk kesehatan.

skipping
Membuat kaki menjadi lebih kuat. (Foto Unsplash dylan nolte)

Ada beberapa manfaat skipping bagi orang dewasa. Memperkuat otot serta menjaga kepadatan dan kekuatan tulang, misalnya. Skipping juga membantu pembentukan sel-sel tulang baru yang akan mengisi tulang agar menjadi semakin padat. Gerakan melompat yang dilakukan bisa membuat otot-otot kaki menjadi semaki kuat.(and)

BACA JUGA

Apa Hebatnya Makan Lobak?


Tags Artikel Ini

Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH