Speaker Ada Ragamnya, Menunjang Audio Mobil Sisi hiburan sudah menjadi kebutuhan yang tak boleh ketinggalan. (Foto: Pexels/Mike)

SISI hiburan tak boleh dilupakan dalam berkendara. Malahan saat ini menjadi semacam kebutuhan yang harus dipenuhi oleh produsen mobil. Seluruh perangkat audio biasa dikenal dengan speaker, sehingga apapun benda yang mengeluarkan suara memiliki sebutan yang sama.

Umumnya speaker bawaan OEM dari pabrik memasang satu head unit, dua speaker depan, dan dua speaker belakang. Biasanya mobilnya semakin tinggi tipe dan merknya maka perangkat audionya lebih variatif dan bening.

Baca Juga:

Ini Manfaat Isi Angin Ban dengan Nitrogen

audio
Kehadiran speaker di dalam mobil menghasilkan berbagai bunyi. (Foto: Pexels/Anthony)

Umumnya speaker terdiri dari tiga jenis, pertama tweeter yang memiliki ukuran yang kecil, sekitar satu inci. Berbentuk bulat atau segitiga dan posisinya ada di panel pintu atau pilar A. Tweeter memiliki frekuensi tinggi yaitu 3.500 hz sampai 10 Khz.

Meskipun demikian adapula tweeter yang dijual aftermarket ukurannya lebih besar. Bahkan ada yang sampai 4 inci dan berbentuk kotak. Dengan tweeter biasanya orang dapat mendengarkan frekuensi yang tinggi. Tweeter mampu mengeluarkan bunyi suara berdenting, misalnya suara simbal.

Kemudian woofer atau midbas, adalah speaker yang mampu menghasilkan suara bass tinggi dan bass rendah dengan frekuensi bunyi 80-3.500 hz. Bass rendah akan mengeluarkan suara dengung, sementara bass tinggi, lebih seperti suara pukulan. Woofer juga bisa mengeluarkan suara vokal atau manusia.


Baca Juga:

Pecah Ban Saat Kecepatan Tinggi, Jangan Panik!

audio
Head unit yang menjadi sumber bunyi. (Foto: Pexels/Breakingpic)

Biasanya woofer berukuran 6 inci yang menjadi perlengkapan wajib bagi semua kendaraan roda empat. Woofer mampu mengeluarkan suara dengan jarak frekuensi yang cukup panjang dan mampu mencakup berbagai jenis suara.

Sementara subwoofer kebanyakan berfungsi menggunakan bantuan amplifier. Ini agar subwoofer memiliki tenaga yang cukup besar. Subwoofer biasa mengeluarkan gebukan suara bas yang lebih rendah dari pada woofer atau midbass. Ukurannya juga bermacam-macam, mulai dari 8 inci, 10 inci, hingga 12 inci. Subwoofer biasanya menggunakan boks speaker tambahan sesuai dengan volume kubikasi yang sesuai dengan karakter subwoofer tersebut. (*)

Baca Juga:

Mobil Mewah Ini Dibanderol dengan Harga Terjangkau

Kredit : paksi


Paksi Suryo Raharjo