Ini Manfaat Isi Angin Ban dengan Nitrogen Selalu isi tekanan angin pada ban dengan nitrogen. (Foto: Pexels/May Day)

SAAT ini bukan hal yang aneh lagi bila ban kendaraan diisi oleh nitrogen bukan sekedar angin saja. Laman KabarOto mengungkapkan bahwa mengisi angin pada ban harus diperhatikan, bukan hanya sekedar mengisi saja. Ini berhubungan tentunya dengan kenyamanan selama berkendara.

Biasanya masing-masing kendaraan, entah sepeda motor atau mobil, memiliki ukuran tekanannya masing-masing. Disarankan dengan ukuran tertentu bila kendaraan penuh dengan penumpang. Mengisi angin pada ban tidak dianggap terlalu penting. Tidak perduli apakah mengisi dengan nitrogen atau angin biasa.


Baca Juga:

Pecah Ban Saat Kecepatan Tinggi, Jangan Panik!

mobil
Pakai nitrogen membuat ban lebih awet. (Foto: Pexels/Trace Constant)

Padahal perbedaan antara angin biasa dan nitrogen sangatlah jauh. Nitrogen memberikan manfaat kenyamanan pada pengendaranya. Tekanan angin dengan nitrogen membuat ban mobil jadi lebih stabil, empuk, dan awet. Ini disebabkan karena suhu yang dihasilkan selama berkendara.

Molekul dari nitrogen lebih besar dan dianggap lebih bagus untuk kebutuhan ban. Nitrogen juga yang membuat usia ban akan lebih panjang. Hanya saja nitrogen lebih cepat memuai bila dibandingkan dengan angin biasa. Namun nitrogen dapat menjaga elastisitas ban dan menghindari pelek dari karat.


Baca Juga:

Uptis, Ban yang tak akan Pernah Bocor

mobil
Ban dengan tekanan nitrogen membuat nyaman berkendara. (Foto: Pexels/Rodolfo Quirós)

Hanya saja pada ban serep sebaiknya menggunakan angin biasa. Selain memang hanya dibutuhkan saat darurat juga untuk menjaga ban agar tetap pada bentuknya tidak memuai. Jika ban serep sudah berganti posisi menjadi ban yang digunakan sehari-hari maka disarankan menggunakan nitrogen.

Ketahanan serta keawetan ban juga dipengaruhi dari pemakaian pengguna. Usahakan untuk rajin cek tekanan angin agar tidak menimbulkan masalah lainnya.

Cek ban itu bisa seminggu atau dua minggu sekali. Ini untuk mengetahui tekanannya menurun atau tidak. Disamping itu tekanan ban yang terjaga dapat membuat ban lebih awet. Sebab kalau kondisi kurang angin jadi lebih gampang benjol kalau kena lubang. (*)


Baca Juga:

Perhatikan Hal-Hal Ini agar Ban Tubless Sepeda Motor Kamu Awet

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH