Pecah Ban Saat Kecepatan Tinggi, Jangan Panik! Cek kondisi band sebelum berkendara. (Foto: Pixabay/stux)

KEJADIAN tak mengenakan bisa saja datang tanpa permisi. Pecah ban semisalnya. Kalau masih dalam kecepatan rendah, dapat diatasi dengan mudah. Namun bila dalam kecepatan tinggi, apa yang bisa kita lakukan?

Yang pertama seperti umumnya adalah tetap tenang, kendalikan mobil dengan sebaik-baiknya dan lakukan pengereman. Menurut laman KabarOto ada beberapa hal yang harus pengemudi lakukan bila ban pecah dalam kecepatan tinggi.


Baca Juga:

Jangan Angkat Wiper Mobil Kalau Parkir

ban
Ban pecah jangan direm. (Foto: Pixabay/MikesPhotos)

Yang harus tetap dipegang adalah ketenangan, halau rasa panik. Memang pecah ban pasti sangat mengagetkan orang tak terkecuali pengemudi. Seorang pengemudi tidak boleh panik dalam kondisi ini. Karena kalau kamu dalam kondisi panik malah akan menimbulkan kejadian yang tidak diinginkan. Seperti langsung mengerem secara mendadak. Mata harus tetap fokus ke depan, sambil mengangkat kaki dari pedal gas. Biarkan mobil bergerak mengikuti momentumnya.

Kalau yang pecah ban belakang cenderung mudah untuk dikendalikan. Malahan kadang ban belakang pecah tidak terasa sama sekali. Namun jangan sesekali melakukan pengereman mendadak, dikhawatirkan membuat kendaraan melintir dan berakibat kecelakaan. Karena daya cengkram ban tidak seimbang.

ban
Gantilah ban bila kondisinya sudah kedaluarsa. (Foto: Pexels/Gerd Altmann)

Bila kendaraan kamu bertransmisi manual jangan menginjak kopling untuk tetapmendapatkan engine break, angkat kaki dari pedal gas dan lakukan pengereman secara perlahan, jangan mendadak. Usahakan setir tetap lurus ke depan dengan melakukan penyeimbangan. Bila memakai mobil transmisi otomatis jangan turunkan gear ke gigi rendah, biarkan saja dalam posisi yang ada.

Nah, daripada kamu terkena kejadian yang tak mengenakan ini. Coba cek kondisi ban mobil, bila memang sudah waktunya diganti sebaiknya mendatangi toko penjual ban. (*)


Baca Juga:

Tips untuk Tetap Aman Ketika Berkendara saat Hujan, Nomor 3 Paling Penting!

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH