Siripnya Sepanjang Manusia, Ini Ukuran Hiu Megalodon Sebenarnya

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Sabtu, 05 September 2020
Siripnya Sepanjang Manusia, Ini Ukuran Hiu Megalodon Sebenarnya
Ukuran Megalodon amat besar (Foto: Pexels/George Desipris)

SEBELUMNYA hanya terungkap estimasi panjang hiu Megalodon. Belum ada yang tahu berapa ukuran pasti makhluk era prasejarah ikonik ini. Namun, penelitian yang dipimpin Jack Cooper, berhasil menemukan berapa ukuran pasti hiu ini.

Peneliti bergelar master paleobiologi sekolah ilmu bumi Universitas Bristol ini mengatakan penelitian ini menjadi "dream project" miliknya. Dia sudah menekuni bidangnya selama enam tahun. "Tentunya saya sangat bahagia mendapatkan kesempatan untuk mempelajarinya (megalodon)," ucap Cooper kepada The Guardian.

Baca juga:

Raksasa Purba Dulunya Pernah Menghuni Bumi

Melansir laman CNN, para peneliti di Universitas Bristol, Inggris barat daya, dan Universitas Swansea, di Wales selatan, menggunakan kalkulasi matematis untuk mengetahui ukuran hiu megalodon dari sisa-sisa fosil giginya yang langka.

Tim tersebut dapat memperkirakan ukurannya dengan membandingkan giginya dengan spesies hiu modern, yang menurut mereka tumbuh menjadi dewasa dalam proporsi. Tidak seperti manusia yang dilahirkan dengan anggota tubuh yang lebih pendek dan kepala yang lebih besar.

Artinya, mereka dapat memperkirakan kurva pertumbuhan hiu berdasarkan spesies modern. Kamu takut dengan hiu putih besar? Itu belum seberapa. Hiu Megalodon akan membuat hiu putih besar terlihat kecil.

"Dengan gigi sebesar tangan manusia, ia akan memiliki kekuatan gigitan lebih dari 10 ton. Ekornya memiliki panjang 3,85 meter dan panjang siripnya 1,62 meter, setinggi manusia dewasa," ucap para peneliti kepada CNN.

Baca juga:

Monster Loch Ness, Fakta atau Mitos?

The Guardian menuliskan ini berarti manusia dewasa dapat berdiri di atas punggung hiu megalodon dan tingginya hampir sama dengan sirip punggung hiu tersebut.

Hiu Megalodon jauh lebih besar dari hiu putih besar yang ditakuti banyak orang. (Foto: twitter/@LoizdisMichael)

Jika hiu Megalodon masih hidup, ia akan tumbuh hingga panjang 18 meter dan berat sekitar 48 ton. Ukuran ini lebih besar dari hiu lain yang diketahui pernah ada dan lebih dari dua kali besar dari ukuran hiu putih besar.

Cooper mengatakan hiu megalodon yang hidup sekitar 23 hingga 3 juta tahun lalu bisa jadi memakan paus kecil dan pinniped, mamalia laut yang saat ini termasuk anjing laut, walrus, dan singa laut. "Ada beberapa fosil yang ditemukan dengan bekas gigitan bergerigi besar pada mereka yang dapat membuat megalodon sebagai penyerang," tutup Cooper. (lev)

Baca juga:

Belum Terjawab, 4 Misteri dari Laut Ini Dijamin Bikin Merinding

#Ikan Hiu
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan