Belum Terjawab, 4 Misteri dari Laut Ini Dijamin Bikin Merinding misteri dan mitos dari lautan yang belum terpecahkan hingga hari ini (Foto: National Geographic Society)

MENURUT data yang dilansir dari oceanservice.noaa.gov, laut menutupi lebih dari 70% permukaan planet bumi. Selain itu, 97% dari populasi air di bumi juga merupakan air laut, dan 2% sisanya merupakan air laut yang membeku menjadi gletser dan es. Tidak hanya sebagai salah satu atraksi alam yang menguntungkan bagi manusia, laut pun mengandung banyak misteri yang tidak akan pernah terpecahkan. Berikut merupakan hal-hal misterius yang terjadi dan berkaitan langsung denga laut.

1. Segitiga Bermuda

Belum Terjawab, 4 Misteri dari Laut Ini Bakal Bikin Merinding
Salah satu bangkai kapal di Segitiga Bermuda. (Foto: news.com.au)

Miami, Bermuda, dan Puerto Rico, ketiga titik itu membentuk sebuah segitiga seluas kira-kira 440.000 mil persegi laut yang telah menghilangkan lebih dari lusinan kapal dan pesawat. Meskipun cuaca sedang dalam kondisi baik, tetapi kawasan ini tetap membuat para pesawat dan kapal yang melintasinya menghilang.

Ketika Christopher Columbus berlayar dan melewati daerah Bermuda Triangle saat pelayaran pertamanya menuju New World, ia mengatakan bahwa ia melihat api besar, yang diperkirakan sebagai meteor, jatuh ke laut, diikuti dengan penampakan cahaya aneh dari kejauhan beberapa minggu setelahnya.

Dilansir dari thesun.co.uk, dalam seratus tahun, setidaknya ada seribu nyawa, 75 pesawat, serta ratusan kapal yang menghilang ketika melintasi area ini. Rata-rata, ada empat pesawat terbang dan 20 yacht yang hilang setiap tahunnya. Sampai saat ini, belum ada penjelasan ilmiah yang bisa memastikan tentang fenomena laut misterius ini.

2. Devil's Sea

Belum Terjawab, 4 Misteri dari Laut Ini Dijamin Bikin Merinding
Devil's Sea terletak di Jepang. (Foto: All That's Interesting)

Selain Bermuda Triangle, terdapat kawasan di dekat pantai Jepang di Samudera Pasifik bernama Devils's Sea. Dikatakan bahwa the Great Khan dari kekaisairan Mongolia dan juga cucu dari Genghis Khan berupaya untuk menguasai dan memajukan Jepang pada tahun 1274 dan 1281.

Namun, kedua upaya tersebut gagal karena mereka harus kehilangan kapal-kapalnya dan 40.000 orang awak ketika melewati kawasan ini. Legenda kuno mengatakan bahwa di tempat ini hidup para naga raksasa yang tersembunyi di bawah perairan, dan mitosnya mereka mengintai aktivitas di perairan tersebut.

3. Ditemukannya bola mata besar di pantai Florida

Belum Terjawab, 4 Misteri dari Laut Ini Dijamin Bikin Merinding
Mata raksasa ditemukan di pantai di Florida. (Foto: nationalgeographic.org)

Sebuah bola mata raksasa telah ditemukan di pinggir pantai Pompano, Florida. Dilansir dari blog.nationalgeographic.org, bola mata ini ditemukan oleh seorang beachcomber, orang yang suka mencari dan mengamati benda-benda menarik di pantai, dan kemudian memberikan penemuannya ini ke Florida Fish and WIldlife Conservation Commission.

Carli Segelson, juru bicara Fish and WIldlife Research Institute di St. Petersburg, Florida mengatakan pada NBCNews bahwa para ilmuwan melakukan tes genetik untuk mengatahui dari mana asal mata raksasa tersebut. Ia mengatakan bahwa diduga itu dimiliki oleh ikan yang sangat besar.

Menurut Robert L. Pitman, ahli biologi kelautan di National Fisheries Service di La Jolla, California, mengatakan bahwa bisa jadi itu merupakan mata dari cumi-cumi, atau hewan apapun yang memang matanya besar. ]

Namun, hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tulang di sekitar mata sehingga itu tidak mungkin mata cumi-cumi. Sampai saat ini belum teridentifikasi jenis hewan tersebut. Bisakah kamu bayangkan seberapa besar mahkluk ini jika bola matanya saja harus digenggam oleh kedua tangan manusia dewasa?

4. Kereta misterius yang tenggelam

Belum Terjawab, 4 Misteri dari Laut Ini Dijamin Bikin Merinding
Kereta misterius terdampar di dasar laut. (Foto thetravel.com)

Apakah mungkin terdapat bukan satu, melainkan dua kereta api yang tenggelam di dasar laut?Nyatanya, telah ditemukan kuburan kereta api lokomotif langka tahun 1850-an di dekat pantai New Jersey yang terletak 90 kaki di bawah air.

Dilansir dari dailymail.co.uk, asal-usul kedua lokomotif ini masih menjadi misteri. Tidak ada catatan sejarah kapan mereka dibuat, dan juga tidak ada sejarah yang menyatakan kedua kereta api tersebut hilang.

Jenis kereta api ini adalah Planet Class 2-2-2 T yang sangat langka dan telah berhenti diproduksi setelah tidak lama diluncurkan. Kabarnya, lokomotif ini akan diangkat ke permukaan laut untuk diteliti. (shn)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH