Simak! Teknik Dasar Fotografi untuk Pelancong Memotret itu mudah kok! (Foto:Pexels/Zukiman Mohamad)

JANGAN asal foto-foto loh ketika traveling! Karena ada beberapa tekniknya yang patut untuk lo ketahui. Mengabadikan foto-foto seru dan keren saat traveling sudah menjadi kebutuhan utama dan gaya hidup.

Para pelancong berlomba-lomba menangkap momen-momen seru di tempat-tempat ngehits untuk dipamerkan di sosmed atau sekedar hobi saja. Untuk menghasilkan foto-foto keren tidak harus menggunakan peralatan mahal. Dengan teknik ala kadarnya akan berpotensi menghasilkan foto-foto yang kurang menarik.

Baca Juga:

Edit Foto Layaknya Profesional, Coba 5 Aplikasi Ini


Tanpa disadari, teknik dasar fotografi sangat diperlukan agar dapat menghasilkan foto-foto yang menarik. Dengan memiliki dasar fotografi yang kuat, akan mudah bagi pelancong menciptakan banyak foto. Liburan akan terasa lengkap dan berkesan juka sukses menghasilkan foto-foto keren, kan? Berikut beberapa teknik dasar fotografi yang wajib dikuasai para pelancong untuk berpelesiran.


Asah mata

foto
Mata yang tajam dapat menciptakan foto yang bagus (Foto: Pexels/Photo Collections)

Hal yang terpenting untuk menghasilkan hasil foto yang bagus adalah mata yang tajam. Jenis kamera yang dipakai tidak terlalu berpengaruh untuk menghasilkan foto menarik. Belajar mempertajam mata mengenali pola repetisi atau pola simetri pada obyek foto. Pola yang tecipta dari repetisi bentuk dan garis bisa menjadi sebuah magnet yang menarik untuk bisa dilihat. Pola sendiri adalah pengulangan bentuk, garis, warna, benda atau objek dengan formatnya teratur ataupun berantakan. Teknik pengulangan dalam sebuah foto dapat memberikan hasil yang indah dan daya tarik daya tarik kuat.


Garis diagonal

foto
Teknik dutch lit dapat menghasilkan garis diagonal (Foto: Unsplash/Ricardo Gomez Angel)


Garis diagonal sangat penting untuk menciptakan komposisi keren pada sebuah foto. Menggunakan garis horizontal dan vertikal dapat memberikan kesan berbeda. Garis horizontal dapat menciptakan kesan tenang, dan garis vertikal dapat menciptakan kesan permanen dan penyeimbang. Garis diagonal juga dipakai untuk menambah variasi dan kesan dramatis. Garis ini dapat berupa bermacam-macam benda yang berbentuk diagonal. Teknik dutch lit menarik juga untuk dicoba. Teknik ini merupakan cara memiringkan kamera pada satu sisi agar subjek yang aslinya vertikal atau horizontal terlihat diagonal. Gunakan low angle shot agar hasil foto lebih dramatis.

Baca Juga;

Gini Caranya Foto Pakai Smartphone dengan Hasil Sebagus Kamera DSLR


Gunakan leading lines

foto
Garis dapat menguatkan komposisi dalam fotografi (Foto: Unsplash/Gabriel Sollman)


Dengan Leading lines, akan membuat fotografer mengarahkan pandangan mata menuju objek utama. Para fotografer pun percaya kalau leading lines selalu menyenangkan untuk dilihat. Garis dapat menguatkan komposisi dalam fotografi. Makanya, disarankan untuk mencari garis yang bisa membawa subjek menuju objek utama. Komposisi yang tidak menarik akan membuat mata bingung karena tujuan ke mana harus melihat atau fokus mana yang ditonjolkan, tidak jelas. Garis juga berguna menciptakan perspektif. menegaskan kesan tiga dimensi serta memandu mata untuk menonjolkan fokus utama. Gunakan garis lurus atau melengkung berupa dinding, jalan, pagar, aliran air atau apapun yang sesuai. Teknik ini dapat dikombinasikan dengan rule of third, lalu posisikan objek pada bagian tengah.


Rules of Thirds

foto
Rule of Thirds sebagai dasar komposisi untuk menghasilkan keseimbangan elemen foto (Foto: wp-modula)


Rules of Thrids adalah salah satu teknk fotografinyang umum dipakai. Adalah tarik garis imajiner yang membagi foto menjadi sembilan bagian sama besar. Dengan teknik ini hasil foto akan terlihat sangat menarik. Teknik ini bisa dilakukan dengan menempatkan objek utama di persimpangan garis-garisnya. Dianggap sebagai dasar komposisi untuk menghasilkan keseimbangan elemen foto. Secara keseluruhan hasil foto akan terlihat menarik. Cara ini tidak wajib untuk diterapin. (lgi)


Baca Juga:

Foto Siang Hari dengan Hasil Ciamik, Coba Trik Ini

Kredit : leonard


Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH