Gini Caranya Foto Pakai Smartphone dengan Hasil Sebagus Kamera DSLR Kini, smartphone bisa menghasilkan foto sebagus kamera DSLR. (Foto: Price Check)

KINI untuk menghasilkan dan mendapatkan foto yang bagus, kamu tidak perlu lagi membeli kamera DSLR. Selain harganya yang mencapai puluhan juta rupiah, sepertinya membawa DSLR kemanapun kamu pergi tentu bukan hal yang praktis. Kini, kita sudah bisa menggunakan smartphone untuk menghasilkan foto-foto yang tak kalah bagus.

Dengan teknik-teknik tertentu, sebenarnya kamu bisa menciptakan foto yang bagus, asal kamu paham bagaimana cara memaksimalkannya. Dilansir dari beberapa sumber, berikut enam tips agar hasil fotomu bisa sebagus DSLR.

Baca juga:

Bingung Memilih Smartphone Baru? Berikut 5 Smartphone dengan Kamera Terbaik di 2019

1. Ketahui mode kameramu

Gini Caranya Foto Pakai Smartphone dengan Hasil Sebagus Kamera DSLR
Pilih mode sesuai dengan kebutuhanmu. (Foto: 9to5Mac)

Beberapa smartphone memiliki bermacam-macam mode kamera yang bisa kamu nikmati. Seperti night mode, panorama, portrait, expert, normal, manual, dan mode-mode lainnya.

Kamu juga harus mengetahui fungsi dari lensa pada kamera smartphonemu. Seperti ultra wide, zoom, normal, dan lensa makro. Dengan begitu, kamu bisa memilih lensa terbaik mana yang akan kammu gunakan sesuai kebutuhan.

2. Bersihkan lensa kamera

Gini Caranya Foto Pakai Smartphone dengan Hasil Sebagus Kamera DSLR
Bersihkan lensa kameramu untuk mendapatkan hasil foto yang maksimal. (Foto: Lets go holiday)

Mungkin langkah ini terlihat sepele dan sering lupa untuk diperhatikan. Bersihkan lensa kameramu, baik depan maupun belakang, agar menghasilkan gambar yang jernih tanpa noda kecil sedikitpun. Pastikan tidak ada debu atau bercak yang menempel pada lensa. Dijamin, fotomu akan lebih bersih.

3. Jangan dizoom

Gini Caranya Foto Pakai Smartphone dengan Hasil Sebagus Kamera DSLR
Ketika di zoom, gambar akan terlihat pecah dan tidak maksimal. (Foto: BGR)

Jangan sekali-kali melakukan zoom ketika kamu ingin mengambil gambar. Ketika memotret menggunakan smartphone, sebaiknya kamu saja yang mendekat ke arah objek agar hasil foto lebih maksimal.

Sebab, fitur zoom akan memangkas resolusi foto sehingga hasilnya akan pecah, gambar jadi tidak maksimal. Jangan malas ya untuk bergerak lebih dekat kearah objek fotomu!

Baca juga:

Ponsel Pintar dengan Kamera Super Jernih Siap Hadir di Indonesia

4. Gunakan mode panorama

Gini Caranya Foto Pakai Smartphone dengan Hasil Sebagus Kamera DSLR
Mode panorama cocok untuk mengambil foto pemandangan. (Foto: Windows Central)

Mode panorama kini sudah banyak dijumpai pada kamera smartphone. Bahkan, ini menjadi fitur unggulan pada smartphone yang tidak dimiliki kamera DSLR atau kamera pocket.

Mode panorama menjadi cara terbaik ketika kamu ingin mengambil foto lanskap, seperti foto pemandangan laut, gunung, atau taman.

Dengan catatan, saat pengambilan gambar, kamu harus menjaga tangan dengan stabil agar mendapatkan hasil foto panoramik yang sempurna.

5. Atur cahaya dengan tepat

Gini Caranya Foto Pakai Smartphone dengan Hasil Sebagus Kamera DSLR
Cahaya sangat penting dalam teknik fotografi. (Foto: Premium Beat)

Bisa jadi hasil fotomu kurang bagus karena kurangnya cahaya yang masuk. Cahaya sudah menjadi satu pake komplit ketika kamu ingin mengabil foto. Tanpa cahaya, objek akan terlihat gelap atau bahkan tidak terlihat sama sekali.

Kamu bisa menggunakan cahaya alami seperti matahari atau lampu rumah. Perhatikan darimana datangnya cahaya.

Hindari melawan arah cahaya jika kamu tidak menginginkan objekmu terlihat gelap, kecuali jika mengambil foto siluet. Semakin banyak cahaya yang masuk, semakin bagus juga hasil fotomu nantinya.

6. Edit

Gini Caranya Foto Pakai Smartphone dengan Hasil Sebagus Kamera DSLR
Adobe Lightroom Mobile, salah satu aplikasi editing yang bisa kamu gunakan. Foto Adobe

Ketika sudah selesai mengambil gambar, kini waktunya untuk mempercantik gambar tersebut lewat proses editing. Kamu tidak perlu mentransfer data ke laptop atau komputer. Ada banyak aplikasi editing foto yang bisa kamu unduh di smartphone.

Kamu bisa atur beberapa fitur untuk membuat fotomu menjadi lebih bagus, seperti kontras, eksposur, warna, hingga bisa memotong gambar yang tidak diinginkan. (And)

Baca juga:

Diklaim Tercanggih, Seperti Apa Fitur dari iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max?


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH