Edit Foto Layaknya Profesional, Coba 5 Aplikasi Ini Aplikasi editing foto membuat fotomu terlihat lebih menarik. (Foto: Adobe)

KECANGGIHAN teknologi saat ini membuat banyak ponsel sudah dilengkapi dengan kamera high resolution. Selain menambah pengalamanmu dalam mengabadikan momen, hasil jepretan akan terlihat semakin bagus jika melalui proses editing menggunakan beberapa aplikasi. Mengedit foto di smartphone membuat waktu menjadi lebih efisien dan simpel dibandingkan di komputer.

Lewat aplikasi editing foto, banyak hal yang bisa kamu jelajahi seperti mengurangi noise, meningkatkan kecerahan, memotong foto, hingga menghilangkan distorsi. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut lima aplikasi editing foto yang bisa kamu coba untuk membuat gambar layaknya profesional lewat ponsel pintar.

Baca juga:

Jangan Pernah Takut Mengedit Foto Supaya Hasil Foto Menarik

1. Adobe Lightroom Mobile

Edit Foto Layaknya Profesional, Coba 5 Aplikasi Ini
Adobe Lightroom memberikan fitur-fitur menarik di dalamnya. (Foto: Fstoppers)

Aplikasi editing foto yang satu ini mungkin sudah banyak dikenal, mulai dari mereka yang hanya iseng-iseng, sampai para fotografer profesional. Adobe Lightroom versi mobile juga tidak kalah dengan versi komputer.

Memiliki fitur lengkap, interface yang mudah dipahami oleh pengguna awam sekalipun. Keunggulan Adobe Lightroom kamu bisa mengubah foto dengan cara mengedit warna, pencahayaan, saturasi, hingga menghilangkan jerawat di wajah dengan bantuan adjustment brush dan spot removal.

2. Snapseed

Edit Foto Layaknya Profesional, Coba 5 Aplikasi Ini
Beberapa filter Snapseed cocok untuk memberikan efek dramatis pada foto. (Foto: DIY Photography)

Snapseed merupakan aplikasi editing foto yang diproduksi oleh Nik Software yang memberikan pengalaman bagi pengguna dalam mengedit foto. Fitur yang ditawarkan antara lain seperti detail, selective, healing, vignette, brush, lens blur, HDR scape, dan sebagainya.

Salah satu fiturnya yakni healing, dapat menghapus objek yang tidak diinginkan pada foto. Kemudian vignette bertujuan untuk memberikan gradasi gelap terang pada foto. Cocok untuk memberikan efek foto yang dramatis.

3. VSCO

Edit Foto Layaknya Profesional, Coba 5 Aplikasi Ini
VSCO merupakan aplikasi editing foto yang dibuat oleh American Visual Supply Company. (Foto: Light Stalking)

VSCO yang dulu dikenal dengan nama VSCO Cam merupakan aplikasi editing foto yang dibuat oleh perusahaan American Visual Supply Company. Preset yang kekinian semakin menarik untuk kamu coba.

Ada beberapa preset gratis dan terkunci. Untuk mengaktifkannya, kamu harus bergabung menjadi member. Adapun fitur editing basic untuk mengatur eksposur, kontras, rona, saturasi, dan lain sebagainya.

Baca juga:

Mau Hasil Foto Bagus? Ini Dia Tips Motret Pakai Smartphone ala Jay Subiakto

4. PicsArt

Edit Foto Layaknya Profesional, Coba 5 Aplikasi Ini
PicsArt memiliki desain yang sederhana. (Foto: Fun Life Crisis)

Aplikasi PicsArt memiliki desain yang memudahkan kamu untuk mengedit foto dengan filter atau dekorasi yang menarik. Para pengguna juga bisa mengambil gambar, menggambar dengan layer, membagikan hasil fotonya dengan komunitas PicsArt lewat Facebook dan Instagram. Fitur-fitur PicsArt diantara lain borders, clipart, collages, crop, rotate, hingga text effect.

5. Hypocam

Edit Foto Layaknya Profesional, Coba 5 Aplikasi Ini
Hypocam cocok jika ingin mengedit foto hitam-putih. (Foto: Festivedeal)

Berbeda dengan aplikasi editing foto lainnya, Hypocam berfokus pada filter hitam-putih (black and white). Efek Hypocam ini membuat foto kita terlihat seperti foto jurnalistik. Setiap filter memiliki kontras, kecerahan dan detail yang berbeda. Kamu bisa menikmati filter lain jika berlangganan. (And)

Baca juga:

Aplikasi Edit Foto dan Video Ala 'Selebgram' Kekinian yang Harus Kamu Punya


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH