Sikat Gigi Baiknya Sebelum atau Sesudah Sarapan? Begini Menurut Kesehatan Sikat Gigi adalah cara termudah menjaga kesehatan gigi dan mulut (Foto: Pixabay/Jennyfriedrichs)

RUTINITAS simpel di pagi hari yang satu ini masih sering jadi bahan perdebatan banyak orang. Pasalnya beberapa orang masih saling adu benar soal waktu sikat gigi yang tepat, apakah itu baiknya dilakukan sebelum atau sesudah sarapan? Yuk kita bahas dari sudut pandang kesehatan.

Baca juga:

Jangan Salah, Begini Cara Menyikat Gigi yang Benar

Produksi air liur normal di siang hari menguntungkan gigi dan mulutmu dengan cara yang mengejutkan. Air liur membersihkan partikel makanan agar gigimu tetap bersih. Air liur tersebut mengandung sel-sel yang memerangi bakteri dan infeksi, bahkan menyediakan protein dan mineral untuk membantu melindungi gigi dari kerusakan.

Tetapi produksi air liur melambat secara dramatis saat kamu tidur di malam hari, dan jumlah bakteri di mulutmu meningkat. Sementara, salah satu efek samping buruk dari pertumbuhan bakteri adalah napas pagi, ada efek yang tidak terlihat, dan lebih berbahaya. Bakteri dalam plak mengubah gula dan karbohidrat menjadi asam yang menyerang gusi dan email gigimu dan dapat menyebabkan radang gusi dan gigi berlubang.

Sikat Gigi Baiknya Sebelum atau Sesudah Sarapan? Begini Menurut Kesehatan
Perhatikan Aturan Menyikat Gigi dengan Benar (Foto: Pixabay/Slavoljubovski)

Perdebatan menyikat gigi sebelum atau sesudah sarapan ini telah bergulir sejak lama, dan kemungkinan akan terus berlanjut. Tidak ada yang sepenuhnya benar atau salah.

Baca juga:

Cara Sederhana Putihkan Gigi, Halau Gigi Kuning

Jika kamu memilih untuk menyikat gigi setelah sarapan, disarankan untuk melakukannya sekitar 20-30 menit setelah makan. Tentu saja, ini adalah waktu dimana bakteri dapat memanfaatkan gula dan karbohidrat baru dari sarapan.

Banyak makanan dan minuman, terutama yang bersifat asam, berpotensi melemahkan permukaan gigi kamu dan membuat asam masuk lebih dalam ke gigi. Jika kamu tipe orang yang sering terburu-buru, lebih disarankan untuk menyikat gigi sebelum sarapan. Kenapa? Menyikat gigi tidak hanya akan mengurangi dampak potensial dari asam, tetapi pasta gigi yang kamu gunakan saat menyikat juga akan meninggalkan lapisan pelindung fluoride ekstra, yang akan membantu menahan serangan yang disebabkan oleh makanan dan minuman yang kamu konsumsi saat sarapan.

Menurut The Mayo Clinic, seorang dokter gigi mengatakan jika kamu sudah makan makanan atau minuman yang asam, hindari langsung menyikat gigi. Asam-asam tersebut melemahkan email gigi, dan menyikat gigi terlalu cepat dapat menghilangkannya. Jika kamu tahu akan makan atau minum sesuatu yang asam saat sarapan, lebih baik gosok gigi sebelumnya. (Nic)

Baca juga:

Caramu Menyikat Gigi Sudah Benar? Coba Ikuti 4 Cara Efektif Berikut



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH