Siapkan 4 Hal Ini Biar Jalan-Jalan Bareng Si Kecil Enggak Repot Liburan menyenangkan bersama si kecil. (Foto: Pixabay/TheVirtualDenise)

KEKHAWATIRAN pasangan muda yang baru memiliki anak hadir ketika waktu liburan tiba. Sebelum ada si kecil, liburan berdua dengan pasangan mungkin tidak menemukan kesulitan sama sekali. Setelah punya anak, momen jalan-jalan akan berubah 180 derajat! Tapi tenang saja, perubahan ini akan membuat hidupmu lebih positif kok.

Dilansir dari laman parents.com, entah itu berpergian menggunakan mobil atau pesawat, kamu harus menyadari sejak awal bahwa liburan bersama anak pasti merepotkan. Tinggal bagaimana caramu menikmatinya saja. Perlu diingat, anak kecil kebutuhannya lebih banyak dari orang dewasa.

Baca juga:

Wahana Permainan Edukasi di Jakarta, Destinasi Wisata untuk Anak

Selain itu, energi anak kecil cepat melonjak begitu bangun di pagi hari. Tetapi mereka juga mudah merasa lelah. Selain merencanakan jadwal mengunjungi tempat wisata, kamu dan pasangan wajib menyelipkan jadwal istirahat mereka di sela kegiatan. Agar momen jalan-jalan bareng si kecil jadi nyaman, simak tips di bawah ini.

1. Camilan

Perhatikan 4 Hal ini, Biar Jalan-Jalan Bareng Si Kecil Jadi Enggak Repot
Roti bisa mengganjal perut lebih lama. (Foto: Pixabay/Free-Photos)

Meskipun cenderung tidak bisa diam, energi anak kecil lebih cepat habisnya dibandingkan dengan orang dewasa. Kamu harus menyiapkan camilan sehat penuh energi untuk memenuhi kebutuhan kalorinya selama liburan.

Makanan seperti roti gandum dan buah-buahan sangat cocok untuk mengganjal perut anak kecil. Selain bisa membuat mereka kenyang lebih lama, camilan seperti itu menyehatkan tubuh.

2. Obat dan Vitamin

Perhatikan 4 Hal ini, Biar Jalan-Jalan Bareng Si Kecil Jadi Enggak Repot
Memeberikan vitamin agar terhindar dari penyakit. (Foto: Pixabay/Clker-Free-Vector-Images)

Kalau yang ini sudah pasti wajib disiapkan. Biasanya anak-anak akan terserang penyakit ringan seperti batuk, pilek, dan demam ketika sedang liburan. Penyebabnya bisa karena beberapa faktor.

Perubahan cuaca yang terlalu ekstrem atau bisa juga karena kegiatan melelahkan bagi tubuh anak kecil. untuk menghindari itu, berikan vitamin setiap pagi dan malam.

Baca juga:

Isi Liburan Seru Bersama Anak, Yuk, Ajak Bergerak lewat Permainan Tradisional

3. Perlengkapan

Siapkan 4 Hal Ini Biar Jalan-Jalan Bareng Si Kecil Enggak Repot
Bawa mainan dan buku pintar agar anak tidak bosan. (Foto: Pixabay/picjumbo_com)

Hal yang sering dilupakan oleh orangtua adalah membawa perlengkapan yang dibutuhkan oleh si kecil. Mereka sangat mudah bosan ketika sedang melakukan perjalanan jauh.

Siapkan mainan dan buku pintar untuk mengalihkan perhatiannya. Kamu juga wajib membawa selimut kecil agar tubuhnya selalu hangat.

4. OOTD

Siapkan 4 Hal Ini Biar Jalan-Jalan Bareng Si Kecil Enggak Repot
Pilih rencana OOTD yang akan dipakai selama liburan. (Foto: Pixabay/TerriC)

Nah ini dia yang sering dilewatkan para orangtua. Kamu wajib menyiapkan rencana outfit of the day (OOTD) yang akan dipakai anak-anak jauh sebelum berangkat. Tujuannya untuk agar koper tidak terlalu penuh. Kamu juga tidak akan kerepotan memilih bajunya selama liburan. (mar)

Baca juga:

Liburan Keluarga Bagus untuk Anak, Ini 5 Alasan Penting di Baliknya



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH