Si Doi Suka Ngambek? Begini Cara Mudah Menyelesaikannya Ngambek satu sama lain dalam hubungan asmara (Foto: Hipwe)

MENJALIN sebuah hubungan nyatanya tidak semulus yang dibayangkan oleh banyak orang. Konflik pasti akan terjadi, mulai dari yang sebenarnya tidak penting sampai yang krusial. Salah satu konflik yang seringkali ditemukan oleh setiap pasangan adalah saling marah atau yang akrab disebut ngambek. Rumit memang, tapi jika kamu menanggapi sikap ngambek pasanganmu, itu hanya akan membuat si dia besar kepala dan akan melakukannya lagi.

Baca juga:

Tak Selalu Bahagia, Liburan bersama Pasangan Bisa Rawan Konflik

Kamu ingat sikap adik atau anak kecil di sekitarmu saat meminta sebuah mainan dan tidak dibelikan orang tuanya? Semua anak kecil akan ngambek dan menangis di tengah jalan agar permintaannya dikabulkan. Kebanyakan orang tua akan langsung membelikan mainan tersebut ketimbang harus pusing mendengar tangisan anaknya tersebut. Akhirnya si anak berpikir, cara itulah yang bisa mereka lakukan nantinya jika suatu hari orang tuanya tidak menuruti keinginan mereka.

Si Doi Suka Ngambek? Begini Cara Mudah Menyelesaikannya
Saat ngambek bukanlah waktu yang tepat untuk menyelesaikan masalah (Foto: keepo)

Sama halnya dalam suatu hubungan, sifat ngambek ini memiliki dua jenis: ngambek yang masuk akal dan yang tidak jelas. Jika itu terjadi akibat hal yang masuk akal, kamu bisa mengintropeksi diri terlebih dahulu apakah kalian membuat kesalahan atau tidak? Jika memang kamu merasa salah, sikap paling bijak adalah cukup meminta maaf dan jangan gengsi untuk mengatakannya, serta membicarakannya dengan serius.

Berbeda dengan ngambek tidak jelas, biasanya pasanganmu akan mencari berjuta alasan dan terlalu membesar-besarkannya maka cara yang terbaik adalah diam dahulu. Sebelum diam, hendaknya kamu mengatakan "Kalau kamu masih mau ngambek yang tidak jelas hubungi aku pas kamu sudah mulai tenang, sekarang aku tidak mau ganggu kamu dulu". Kalimat tersebut terbukti ampuh jika pacar kamu ngambek tak kunjung reda.

Baca juga:

Konflik Ternyata Bisa Menyehatkan Hubungan

Menurut berbagai survey, cara yang paling ampuh berikutnya adalah kalian harus mengajaknya bicara sambil makan atau minum di sebuah cafe. Cara ini dinilai cukup ampuh karena kegiatan ini dilakukan di sebuah tempat yang nyaman dengan berbagai hidangan kecil yang membuat emosi manusia perlahan-lahan akan reda.

Si Doi Suka Ngambek? Begini Cara Mudah Menyelesaikannya
Bicara baik-baik saat semuanya sudah tenang (Foto: Iyk)

Ngambek identik sekali dengan emosi, yang hanya bisa terpendam di dalam hati karena gengsi untuk mengungkapkannya. Secara perlahan, pasangan mu akan mulai mereda emosinya dan disaat itulah kalian bisa memulai pembicaraan yang lebih dalam untuk menyelesaikan masalah tersebut. Jangan pernah saling tunggu untuk berbicara. Pria ataupun perempuan memiliki kesetaraan derajat untuk memulai suatu percakapan. (Nic)

Baca juga:

Rahasia Besar Perempuan yang Jarang Diketahui, Nomor 5 Mengejutkan!



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH