Konflik Ternyata Bisa Menyehatkan Hubungan Membuka diri adalah jawaban dari keharmonisan pernikahan. (Foto: Pexels/Pixabay)

SUATU hubungan yang bahagia membutuhkan kerja keras. Dalam buku barunya The All-or-Nothing Marriage, Eli J. Finkel, yang dikutip oleh laman health menuliskan tips yang membuat pernikahan kamu berkembang dan menjadi harmonis. Sayangnya kesibukan kadang membuat kerja keras itu tidak terwujud. Jangan khawatir ada cara cepat yang dapat membuat pernikahan lebih harmonis.

Finkel, yang telah mempelajari ribuan pasangan, menyebut perbaikan cepat ini sebagai lovehacks. Mereka hanya membutuhkan sedikit waktu dan tidak memerlukan kerja sama. namun mereka dapat membuat perbedaan besar. "Lovehacking melibatkan usaha yang disengaja untuk melihat yang indah di bawah amarah dan kekecewaan dan kebosanan. Untuk melihat dengan mata baru," tulis Finkel dalam buku itu.

Berikut 3 tips yang wajib dicoba. Yuk, simak!


1. Ubah cara pandang kamu melihat konflik

nikah
Ubah cara padang masalah. (Foto: Pixabay/adamkontor)


Hanya karena kamu menghadapi tantangan bukan berarti kamu dan pasangan tidak "seharusnya seperti itu." Alih-alih melihat pertengkaran sebagai kegagalan pernikahan, gunakan momen itu sebagai peluang untuk meningkatkan hubungan kamu.

Finkel menjelaskan bahwa orang-orang yang memiliki ‘keyakinan takdir’ yang kuat lebih cenderung mudah menyerah, daripada mencoba menyelesaikan masalah. Sementara itu, orang yang memiliki ‘keyakinan pertumbuhan’ yang kuat melihat konflik sebagai peluang untuk tumbuh bersama.

Berdebat yang sehat dan membangun justru bisa membuat semakin mendekatkan kamu dengan pasangan.

2. Berhentilah memuji

nikah
Hargai orang-orang yang berjuang untuk kamu. (Foto: Pixabay/Takmeomeo)

Orang-orang yang berjuang dengan harga diri yang rendah. Kemudian cenderung mengalami kesulitan untuk percaya bahwa pasangan mereka benar-benar mencintainya. Bahwa rasa tidak aman dapat mencegah mereka menghargai pujian.

Sebaiknya, Sebelum kamu menolak pujian yang diberikan kepada kamu, lebih baik luangkan waktu sejenak untuk menghargai mengapa pasangan kamu mengatakannya.

3. Tanamkan rasa terima kasih, lalu ungkapkan

nikah
Tanamkan rasa terima kasih. (Foto: Pixabay/free-photos)

Penelitian menunjukkan bahwa berlatih bersyukur memberikan banyak manfaat kesehatan. Mulai dari tidur yang lebih baik dan motivasi untuk berolahraga. Bahkan merasa bersyukur bisa memberikan keajaiban bagi hubungan romantis kamu. Studi tahun 2011 yang diterbitkan dalam jurnal Personality and Individual Differences, menemukan adanya aura positif terhadap pasangan yang menerima dan mengungkapkan rasa terima kasih. Maka akan semakin merasa puas dengan pernikahan mereka. Finkel menuliskan bahwa orang yang mengalami peningkatan rasa terima kasih juga mengalami komitmen hubungan yang lebih kuat dan kecil kemungkinannya untuk putus. Jadi, teruskan dan beri tahu pasangan kamu betapa kamu menghargai semua yang dia lakukan untuk kamu. (gsh)



Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH