Sering Terbangun Tengah Malam untuk ke Toilet? Bisa Jadi Ini Penyebabnya Ketahui penyebab sering terbangun tengah malam untuk buang air kecil (Foto: Pixabay/sferrario1968)

SERING terbangun di tengah malam karena kebelet buang air kecil pasti sangat mengganggu. Selain mengganggu waktu tidur, ini menyebabkan kita menjadi lelah di keesokan harinya. Dilihat dari sisi kesehatan, apakah ini hal yang normal?

Baca juga:

Atasi Quarantine Constipation saat #DiRumahAja

Melansir laman sleep.org, kita harus cari tahu terlebih dahulu bagaimana itu bisa terjadi. Biasanya, jumlah urin yang diproduksi tubuh berkurang pada malam hari, ini memungkinkan kebanyakan orang tidur selama 6-8 jam tanpa terbangun untuk menggunakan kamar mandi.

Walaupun sesekali hal ini biasa terjadi, terbangun tengah malam untuk ke buang air kecil bisa menjadi pertanda bahwa tubuh telah kekurangan kemampuan untuk menahan pipis. Dalam dunia medis ini disebut dengan nokturia.

Lantas, apa penyebabnya? Berikut tiga kemungkinan mengapa kamu sering terbangun tengah malam untuk buang air kecil.

1. Minum terlalu banyak menjelang tidur

Sering Terbangun Tengah Malam untuk ke Toilet? Bisa Jadi Ini Penyebabnya
Terlalu banyak minum alkohol bisa jadi salah satu penyebabnya (Foto: Pixabay/Pexels)

Terutama meminum kafein atau alkohol setelah makan malam. Dengan melakukannya, kemungkinan akan membuat kamu pergi ke kamar mandi di tengah malam. Mengurangi minum terlalu banyak (khususnya alkohol) di malam hari, kamu bisa mengatasi masalah ini.

Baca juga:

Hindari Makanan dan Minuman Ini Saat Sahur

2. Obat-obatan

Sering Terbangun Tengah Malam untuk ke Toilet? Bisa Jadi Ini Penyebabnya
Obat-obatan bisa membuat kebelet buang air kecil (Foto: Unsplash/freestocks)

Obat-obatan tertentu terutama diuretik dan obat flu dapat memengaruhi kandung kemih. Mengutip laman alodokter, diuretik adalah obat yang berfungsi untuk membuang kelebihan garam dan air dari dalam tubuh melalui urin. Akibatnya, produksi urin kamu bertambah sehingga membuat kamu terus ingin buang air kecil.

3. Penuaan

Sering Terbangun Tengah Malam untuk ke Toilet? Bisa Jadi Ini Penyebabnya
Penuaan memengaruhi siklus buang air kecil (Foto: Pixabay/sabinevanerp)

Seiring bertambahnya usia, kamu perlu buang air kecil lebih sering. Hal ini disebabkan oleh perubahan pada dinding kandung kemih yang tidak dapat menahan banyak air seni. Selain itu, otot kandung kemih orang yang sudah tua semakin lemah. Maka dari itu, usahakan kamar tidur lansia tidak jauh dari kamar mandi.

Baca juga:

Jangan Lewatkan Makanan Sehat Setelah Berolahraga!

Untungnya, tidak sulit untuk mengatasi nokturia ini. Melansir laman health, mengurangi minuman keras sebelum tidur dapat membuat gejala nokturia kamu berhenti. Selain itu, mengurangi kopi juga bisa membantu karena kafein mengiritasi kandung kemih kamu.

Tapi jika terbangun tengah malam untuk buang air kecil selama beberapa hari berturut-turut, kamu perlu menemui dokter untuk mengonsultasikan masalah ini. (arb)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH