Jangan Lewatkan Makanan Sehat Setelah Berolahraga! Penting menyantap makanan sehat setelah berolahraga (Foto: Unsplash/Pablo Merchan Montes)

AJAKAN untuk #DirumahAja ternyata membawa dampak positif bagi orang yang ingin memiliki tubuh ideal dan sehat. Saat ini orang memiliki lebih banyak waktu luang untuk latihan atau berolahraga untuk mewujudkan impian tersebut.

Olahraga yang keras tentunya membutuhkan nutrisi yang tepat, tak lain untuk mengisi 'bahan bakar' otot yang bekerja. Faktanya, masih banyak orang yang melewatkan makan makanan sehat setelah selesai berolahraga. Apakah hal tersebut salah?

Baca juga:

Waspadalah, Kebiasaan Makan yang Salah Lemahkan Imunitas Tubuh

Melansir dari laman Very Well Fit, selama berolahraga simpanan energi (glikogen) terkuras, jaringan otot menjadi rusak, dan cairan bersama dengan elektrolit hilang melalui keringat. Nutrisi pasca-latihan sangat penting untuk pengisian glikogen otot yang terkuras saat berolahraga.

Mengonsumsi makanan setelah melakukan olahraga membantu merangsang sintesis protein untuk memperbaiki dan membangun jaringan otot baru dan mengembalikan keseimbangan cairan dan elektrolit. Lalu, bagaimana memilih makanan yang baik setelah berolahraga?

Jangan Lewatkan Makanan Sehat Setelah Berolahraga!
Pilih makanan yang sehat setelah berolahraga (Foto: Pixabay/5Th)

Dilihat dari faktor gizi dan waktu, hal ini sangatlah penting. Menurut penelitian, mengonsumsi karbohidrat dan protein dalam jumlah yang tepat sangat penting setelah berolahraga.

Jika kamu melakukan latihan beban, disarankan mengonsumsi 20-30 gram protein tanpa lemak dan 30-40 gram karbohidrat setelah 30 menit latihan. Untuk latihan aerobik ringan dengan tujuan untuk tetap bugar, makan makanan seimbang dengan rasio yang sama setelah satu jam berolahraga.

Baca juga:

Diet Selalu Gagal? Ini Kata para Ahli

Mengutip laman Very Well Fit, memilih jenis makanan pasca berolahraga tidak harus rumit, juga tidak mesti bahan-bahan yang mahal. Bagian terpentingnya adalah bagaimana kamu merencanakan dan menyiapkannya dengan baik dan benar.

Beberapa makanan yang baik pasca-latihan diantaranya yakni nasi merah dengan dada ayam tanpa kulit, smoothies, Telur rebus atau orak-arik, roti dengan selai kacang, sayur-sayuran dan buah- buahan.

Buat kamu yang memiliki kebiasaan ngemil, jangan khawatir kamu bisa makan makanan seperti yoghurt tanpa lemak, susu rendah lemak, roti gandum, dan buah pisang. (nic)

Baca juga;

Malas Olahraga? Mandi Air Panas Saja



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH