Hindari Makanan dan Minuman Ini Saat Sahur

Muchammad YaniMuchammad Yani - Jumat, 24 April 2020
Hindari Makanan dan Minuman Ini Saat  Sahur
Makanan sehat (Foto: Pixabay/RitaE)

KETIKA sahur, ada sederet makanan dan minuman yang sebaiknya kamu hindari. Karena bukannya menyehatkan, salah mengonsumsi makanan atau minuman malah membuat puasamu terganggu. Misalnya yang mengandung kafein seperti kopi atau teh.

Menurut dokter spesialis gizi dari Rumah Sakit Pondok Indah-Puri Indah, Raissa E Djuanda dalam diskusi via daring belum lama ini, kopi atau minuman yang mengandung kafein memiliki sifat diuretik, yakni menyebabkan kita lebih banyak buang air.

Baca juga:

Kaya Nutrisi, ini 5 Manfaat Buah Kurma

"Biasanya tubuh akan kurang cairan, ini sulit kalau sedang berpuasa," kata Raissa. Selain itu, minuman yang mengandung kafein bisa mengarah pada insomnia dan kegelisahan.

Hindari kopi saat sahur (Foto: Pixabay/cocoparisienne)
Hindari kopi saat sahur (Foto: Pixabay/cocoparisienne)

Saat sahur jangan mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat sederhana seperti kue kering croissant, yang mengandung tinggi gula dan tepung terigu. Karena makanan tersebut hanya bertahan tiga hingga empat jam saja serta rendah nutrisi.

Baca juga:

Bukan yang Instan, Resep Mi ini Simpel dan Enak

Hindari pula makanan asin. Kadar natrium yang tak seimbang dalam tubuh akan membuatmu sangat haus saat berpuasa. Jadi lebih baik jangan sentuh dulu makanan seperti kacang asin atau keripik ketika sahur.

Jangan asal pilih makanan (Foto: Pixabay/piviso)
Jangan asal pilih makanan (Foto: Pixabay/piviso)

“Penting selama bulan Ramadan untuk berbuka puasa dan sahur dengan diet seimbang yang memastikan kebutuhan nutrisi penting tubuh Anda terpenuhi. Ini termasuk natrium dan kalium yang hilang karena berkeringat, terutama selama musim panas," ahli diet klinis dari Burjeel Hospital Abu Dhabi, Rahma Ali seperti dilansir Arabian Gazette.

Sebaiknya ketika sahur makanan yang dikonsumsi harus kaya protein seperti telur, karena akan membantu kamu tetap kenyang. Telur juga dapat divariasikan sehingga cocok dengan seleramu.

Hidangkan juga makanan tinggi serat. Karena ia akan larut dan berubah menjadi gel di dalam perut. Ini sangat membantu memperlambat pencernaan dan menurunan kolesterol serta glukosa darah. (Yni)

Baca juga:

Air Putih atau Teh Manis, Mana yang Terbaik untuk Berbuka Puasa?

#Ramadan
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan