Sering Disepelekan, 5 Aktivitas Rumah Tangga Ini Justru Bikin Dompet Kering Hal sepele yang sering dilakukan di rumah namun bisa membuat dompet tipis. (Foto: Pixabay/Chronomarchie)

DALAM rumah tangga, perlu adanya pengaturan keuangan agar pengeluaran menjadi lebih teratur dan tidak habis sebelum akhir bulan. Namun selama praktiknya, ada saja yang membuat keuangan rumah tangga bermasalah. Mulai dari gaya hidup royal hingga harga kebutuhan yang selalu meningkat.

Selain pengeluaran rumah tangga seperti sembako, listrik, air, dan perabotan, ada beberapa hal sepele yang tanpa kita sadari menjadi pemicu biaya bulanan membengkak. Dilansir dari laman Cheat Steel, berikut aktivitas yang tanpa kita sadari membuat boros pengeluaran.

Baca juga:

Tips Pengelolaan Keuangan bagi Pasangan Baru Menikah

1. Sering menyiram tanaman

Sering Disepelekan, 5 Aktivitas Rumah Tangga Ini Justru Bikin Dompet Kering
Terlalu sering menyiram tanaman menyebabkan listrik jadi lebih boros. (Foto: Pixabay/JerzyGorecki)

Mungkin sebagian dari kalian bertanya, bagaimana bisa menyiram tanam justru membuat biaya bulanan membengkak? Padahal, jika sering menyiram tanaman justru bagus untuk kesehatan tanaman.

Namun siapa sangka, ternyata kebiasaan menyiram tanaman membutuhkan daya listrik berkisar 150 hingga 400 watt memompa air. Hal ini sama saja dengan penggunaan AC yang juga terbilang boros.

2. Keran yang bocor

Sering Disepelekan, 5 Aktivitas Rumah Tangga Ini Justru Bikin Dompet Kering
Segera perbaiki kerain air yang bocor. (Foto: Pixabay/Skitterphoto)

Keran air yang bocor di kamar mandi atau wastafel kerap kali dianggap remeh dan dibiarkan oleh sebagian orang. Jika dibiarkan dalam jangka waktu yang lama, akan terasa dampaknya bagi pengeluaranmu. Segera perbaiki keran air yang bocor. Untuk menghemat biaya listrik.

3. Water heater yang terlalu panas

Sering Disepelekan, 5 Aktivitas Rumah Tangga Ini Justru Bikin Dompet Kering
Suhu water heater terlalu panas bikin boros. (Foto: Pixabay/reverent)

Tidak sedikit orang yang menggunakan fasilitas water heater untuk mendapatkan air panas lebih praktis. Kalau kamu termasuk salah satunya, sebaiknya perhatikan tingkat suhu panas air yang digunakan. Sebab jika tidak, pengeluaran listrik dan penggunaan gas bisa sangat boros dan tagihan rumah menjadi membengkak.

Jangan lupa untuk mematikan alat pemanas air bila sedang tidak digunakan. Atau alternatif lain, kamu bisa menggunakan water heater yang memanfaatkan panas matahari dengan konsekuensi harga produk yang lebih mahal.

Baca juga:

Tips dan Trik Jitu untuk Menabung Ketika Pendapatanmu Tidak Menentu

4. Masih menggunakan lampu pijar dan pendar

Sering Disepelekan, 5 Aktivitas Rumah Tangga Ini Justru Bikin Dompet Kering
Gunakan lampu LED agar lebih hemat listrik. (Foto: Indalux Enterprindo)

Di zaman yang sudah serba canggih, kebanyakan rumah sudah memanfaatkan lampu LED untuk pencahayaan. Bukan lagi menggunakan lampur pijar atau lampu pendar yang masih banyak digunakan. Dengan menggunakan lampu LED, suasana rumah menjadi lebih terang dan lebih hemat dibandingkan pijar dan pendar.

Kamu bisa menghemat sekitar Rp 630 ribu per lima unit di rumah setiap tahunnya. Uang sebesar ini bisa kamu alokasikan untuk membeli keperluan rumah tangga lain yang mungkin lebih penting.

5. Belum menggunakan AC Inverter atau low watt

Sering Disepelekan, 5 Aktivitas Rumah Tangga Ini Justru Bikin Dompet Kering
AC berteknologi Inverter lebih hemat dari AC biasanya. (Foto: Pixabay/mstlion)

Menggunakan Air Conditioner (AC) mungkin sudah dilakukan sebagian besar orang, khususnya penduduk di wilayah tropis. Namun sebaiknya kamu mengganti AC jika masih menggunakan tipe standar, sebab konsumsi listriknya bisa menjadi lebih boros.

Disaranakan untuk menggunakan AC berteknologi Inverter untuk pemakaian ruangan yang lebih lama sekitar enam jam. Ada juga AC low watt yang dapat digunakan dalam durasi di bawah enam jam untuk mengirit pengeluaran secara maksimal. (And)

Baca juga:

Punya Rekening Bank Bersama Membuat Pernikahan Awet



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH