Relasi

Punya Rekening Bank Bersama Membuat Pernikahan Awet

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Rabu, 22 Mei 2019
Punya Rekening Bank Bersama Membuat Pernikahan Awet
Rekening bank bersama untuk keuangan kamu berdua (Foto: Pexels/rawpixel.com)

UANG bukan segalanya. Tapi segala kebutuhan tentu membutuhkan uang. Dari keperluan pribadi, keperluan harian, hingga untuk keperluan rumah tangga. Tentu kamu harus memiliki persediaan uang yang cukup untuk membayar segala kebutuhan itu.

Mengutip laman Bustle, uang menjadi sumber pemicu stres banyak pasangan. Bukan masalah ada salah satu pihak yang terlalu menginginkan materi. Namun, pengeluaran harian memang enggak bisa dihindari. Apalagi jika kamu sudah berumah tangga.

Oleh karena itu, sangat penting jika kamu dan dia bekerjasama untuk mengatur pengeluaran. Caranya, dengan memiliki nomor rekening bank bersama. Rekening tersebut bisa kamu gunakan berdua untuk membayar berbagai macam keperluan.

Banyak pasangan bercerai karena enggak terbuka masalah keuangan (Foto: Pexels/rawpixel.com)

Mengapa penting memiliki nomor rekening bank bersama? Menurut pengacara perceraian Russell D. Knight, banyak pasangan suami istri yang bercerai. Penyebabnya karena mereka enggak transparan terhadap pasangan mereka mengenai simpanan keuangan di rekening.

"Sejumlah besar pasangan yang bercerai memiliki keuangan mereka yang terpisah," ujar Knight. Pasangan seperti itu enggak terbuka masalah keuangan mereka terhadap pasangannya sendiri. Dalam arti pasangan tersebut enggak saling memiliki kepercayaan.

Baca juga:

Kepercayaan Bukan Modal Utama Hubungan Awet

Rekening bersama untuk dijadikan tabungan bersama (Foto: Pexels/rawpixel.com)

Selain itu, Knight juga mengatakan pasangan yang enggak terbuka mengenai masalah keuangan. Menandakan mereka kurang memiliki komitmen dalam suatu hubungan. Bisa dibilang mereka enggak pernah memiliki perencanaan keuangan untuk menjalani kehidupan bersama.

"Saya percaya orang-orang ini tidak pernah benar-benar berkomitmen penuh untuk hubungan," tegas Russel.

Namun, bukan berarti semua uang yang kamu miliki menjadi hak pasangan kamu. Artinya kamu tetap boleh memiliki rekening pribadi masing-masing. Tapi harus tetap ada satu rekening yang memang bisa digunakan untuk bersama.

Dengan begitu, komitmen memiliki rekening bersama menunjukkan kamu dan dia serius memiliki masa depan untuk hubungan kamu sendiri. Rekening bersama itu juga bisa kamu pergunakan berdua untuk menabung. (ikh)

#Uang #Pernikahan
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan