Seribu Nama Odading

Dwi AstariniDwi Astarini - Jumat, 06 Januari 2023
Seribu Nama Odading
Kue odading yang punya banyak nama. (foto: Instagram @tokokuemamafelix)

OKE, oke, mungkin enggak sampai seribu sih namanya, tapi cukuplah untuk dibuat sebuah daftar. Nama kue odading awalnya jadi viral karena video odading Mang Oleh yang katanya kalau dimakan rasanya seperti Iron Man.

Tak sedikit yang penasaran seperti apa sih kue odading itu. Lalu, banyaklah orang dari luar Bandung yang berburu kue odading. Dari sana terungkaplah bahwa odading di kota mereka juga ada loh. Namanya saja yang beda.

BACA JUGA:

Bubur Merah Putih Bentuk Pengharapan Masa Depan

Urusan beda nama odading ini bahkan juga ada di Belanda sana. Warganet @jastairvine mengunggah cerita temannya nan merasa ‘tertipu’ kue khas yang ternyata mirip odading. Kisahnya, sang teman diajak pacarnya antre kue khas Belanda bernama oilenbollen. Sang pacar menjelaskan oliebollen itu cuma dijual saat musim liburan.

Namun lacur, setelah antre 2 jam dalam terpaan salju dan udara dingin, si teman hanya mendapati sepotong kue goreng nan mirip odading. Si teman pun merasa semacam zong ya.

oilenbollen
Unggahan cerita warganet yang merasa tertipu oilenbollen. (foto: Twitter @jastairvine)

Oliebollen nyatanya merupakan kue goreng khas Belanda yang adonannya terbuat dari tepung terigu, telur, ragi, sedikit gara, susu, dan baking powder. Adonannya dibentuk bulat lalu digoreng dalam lautan minyak. Dari situ tuh nama oilenbollen berasal, yakni bola-bola berminyak. Biasanya, olienbollen disajikan dengan taburan gula halus. Memang mirip kayak odading sih.

Nah, biar kamu enggak kecele antre kue khas yang ternyata ujungnya ialah odading, perlu nih kenali dulu varian dan nama kue goreng satu ini.Soalnya nih, beda daerah, ganti lagi tuh nama si odading.

Orang Semarang menyebut odading dengan nama bolang-baling bahan dan cara buatnya sama persis dengan odading. Rasa kuenya manis dengan lapisan gula di bagian luar.

dough
Odading sama seperti oilenbollen yang terbuat dari adonan tepung, ragi, gula, dan garam.(foto: pexels-skitterphoto)

Lain lagi nih di Medan. Odading di sini dikasi nama kue bohong. Soalnya bentuknya gembung, tapi enggak ada isinya.

Di daerah Tegal, kue ini dikenal dengan nama roten. Biasanya roten dihidangkan bersama susu untuk sarapan. Kue bantal khas Jakarta merupakan versi lain dari odading. Baking powder ditambhkan bersama ragi untuk adonan kue bantal. Adonan yang serupa juga digunakan untuk membuat galundeng, nama lain odading di Yogyakarta.

BACA JUGA:

Pedas, Manis, dan Asam Bandeng Kropok Khas Semarang

Orang Banyumas mengenal odading dengan nama golang-galing. Satu hal yang bikin golang-galing unik yakni tambahan gula jawa yang bikin rasanya lebih unik. Gondang-gandung yang punya tekstur lebih padat daripada odading juga jadi favorit orang Magelang.

Di Banjarmasin, odading berganti nama jadi kue untuk-untuk. Alih-alih kosong, kue untuk-untuk diisi unti kelapa dan gula merah.

Tuh, cukup banyak kan variasi dan nama si odading. Kamu sendiri mengenal kue goreng ini dengan nama apa?(dwi)

BACA JUGA:

Fakta Unik Dunia Kuliner Spanyol

#Kuliner
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan