Pedas, Manis, dan Asam Bandeng Kropok Khas Semarang 

Dwi AstariniDwi Astarini - Selasa, 27 Desember 2022
Pedas, Manis, dan Asam Bandeng Kropok Khas Semarang 
Bandeng kropok khas Semarang wajib dicoba.(foto: Merahputih.com/Dwi Astarini)

TIGA ikan bandeng ukuran sedang tersaji di sebuah piring. Guyuran kecap bercampur sambal membuat aroma bandeng yang telah dibakar makin menggoda. Saat tangan mendarat, mencuit daging ikan bandeng nan empuk, tak tampak duri-duri di dalamnya. Biasanya duri-duri halus itulah yang membuat orang malas menyantap ikan bandeng.

“Bandeng yang saya olah cuma yang segar. Kalau enggak segar, ikan bandengnya enggak bisa disayat-sayat tipis,” jelas Hengky, pemilik Lesehan dan Pemancingan Baron, Semarang. Selain dagingnya yang tak akan hancur ketika disayat, ikan bandeng segar juga tak memiliki aroma lumpur nan mengganggu.

BACA JUGA:

Menu Spesial Ikan Bandeng Bumbu Bali

Demi mendapat bandeng segar, ia memilih membeli ikan air payau itu dari nelayan atau peternak di sekitaran restoran yang ia kelola. Lesehan dan Pemancingan Baron terletak di Puri Anjasmoro N1, Semarang, Jawa Tengah. Restoran ini membentang di area mangrove, tak jauh dari lokasi baru Bandara Ahmad Yani. Di sini, pengunjung bisa memancing di perairan yang jadi lokasi restoran. Di atas gazebo-gazebo kayu apung nan saling terhubung, pengunjung bisa memancing atau menikmati makanan.

bandeng baron
Lesehan dan Pemancingan Baron Semarang sajikan bandeng kropok nan spesial. (foto: Instagram @bandengbaron)

Sajian bandeng kropok menjadi salah satu andalan di restoran yang telah beroperasi sejak 2001 ini. Ya, aneka olahan bandeng bisa dibilang merupakan ciri khas Semarang. Kamu bisa menjajal bandeng presto, bandeng asap, hingga otak-otak bandeng.

Dengan banyaknya olahan kekinian bandeng, hidangan klasik bandeng kropok tak lagi banyak disorot. Padahal, rasanya khas dan nikmat. Nama bandeng kropok disebut berasal dari kata kropokan. Dalam logat Gresik, kropokan berarti kumpul-kumpul. Ketika kropokan, hidangan yang sering disajikan ialah bandeng bakar atau goreng dengan sambal petis yang disebut kropok.

BACA JUGA:

Olahan Ikan Oleh-Oleh Favorit

“Saya kurang tahu bagaimana asal-usul bandeng kropok di Semarang. Namun, yang di sini merupakan resep turun-temurun dari ibu saya,” kata Henky.

Untuk membuat bandeng kropok, ikan bandeng segar disayat-sayat tipis, sekitar 3 mm, lalu digoreng atau dibakar. Sayatan-sayatan tipis itu membuat duri-duri bandeng lembut dan terlepas. Dengan begitu, bandeng jadi lebih mudah disantap.

Setelah digoreng atau dibakar, ikan bandeng disiram bumbu. “Bumbunya campuran kecap, sambal, terasi, dan jeruk,” jelas Henky saat berbincang dengan Merahputih.com, pekan lalu.

bandeng kropok
Ikan bandeng segar diguyur sambal kecap nan khas. (foto: Instagram @bandengbaron)

Hasilnya, ikan bandeng bebas bau tanah, minim duri, dengan cita rasa pedas, manis, dan asam nan pas. Daging ikan nan lembut berpadu pas dengan rasa pedas-manis dari kecap dan sambal. Kucuran jeruk memberi aroma dan sensasi segar di akhir. Cukup untuk membuat kamu tak henti menyuap.

Jadi jika kamu tengah berada di Semarang atau berencana melancong ke ibu kota Jawa Tengah ini, sajian bandeng kropok pantang dilewatkan.

“Menu ini amat khas. Sajian bandeng goreng, asam manis, atau saus padang bisa ditemukan di mana saja. Namun, bandeng kropok ini khas di Semarang,” tutupnya.(dwi)

BACA JUGA:

Gurihnya Otak-otak Goreng Ikan Bandeng Khas Gresik

#Kuliner #Kota Semarang #Wisata Semarang
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan