Sepeda Lipat Hingga BMX, Mana Jenis yang Cocok Buatmu? Setiap sepeda memiliki kegunaannya masing-masing. (Foto: Unsplash/Sole Bicycles)

DALAM tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Ya, tampaknya pepatah itu cocok menggambarkan salah satu olahraga yang sehat, seperti bersepeda. Di tengah keramaian dan padatnya jalanan, bersepeda menjadi pilihan tepat untuk bepergian atau hanya sekadar berolahraga.

Baca juga:

Mungil Tapi Mahal, 5 Merek Sepeda Lipat dengan Harga Fantastis



Sebelum memilih dan akhirnya membeli sepeda, baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu jenis sepeda mana yang cocok digunakan sesuai kebutuhan. Dirangkum dari laman The Bicycle Escape, simak lima jenis sepeda berikut ini!

1. Mountain Bike

Sepeda Lipat Hingga BMX, Mana Jenis yang Cocok Buatmu?
Sepeda gunung didesain untuk melewati medan yang sulit. (Foto: Tobias Bjerknes)

Seperti namanya, sepeda jenis ini sengaja didesain untuk menaklukkan jalanan pegunungan yang terjal. Sepeda ini sering disebut dengan Mountain Terrain Bike atau MTB dan dilengkapi dengan bentuk ban yang mononjol dan lebar, sehingga memungkinkan untuk melewati tanah dan medan yang sulit.

MTB juga dilengkapi dengan setang datar dan bingkai yang kokoh. Adapun berbagai jenis sepeda gunung. Sepeda gunung dengan suspensi depan disebut hardtrail, sepeda gunugn dengan suspensi depan dan belakang disebut duallies, dan sepeda gunung tanpa suspensi disebut rigid.

MTB juga hadir dengan berbagai varian harga. Semakin tinggi harganya, semakin mampu mendaki gunung dan lewati lembah.

2. Road Bike

Sepeda Lipat Hingga BMX, Mana Jenis yang Cocok Buatmu?
Identik dengan bentuk setangnya yang ke bawah. (Foto: Unsplash/Mpho Mojapelo)

Road bike atau yang dikenal dengan sepeda jalan dapat dikenali dari bannya tipis dan setang ke bawah. Sepeda jenis ini senagaja dirancang untuk dikendarai di trotoar yang mulus. Sepeda ini juga mampu menguasai jalan karena efisien dan kecepatannya yang ekstrem.

Perlu diingat, road bike tidak dapat mengangkut beban berat dan digunakan untuk bepergian jauh. Jika terlalu lama mengendarai sepeda ini, punggungmu akan terasa pegal setelah beranjak dari sepeda.

Baca juga:

Rumit, Pembuatan Sepeda Brompton Harus Melalui 9 Tahapan

3. Folding Bike

Sepeda Lipat Hingga BMX, Mana Jenis yang Cocok Buatmu?
Mudah dan praktis. (Foto: Gumtree)

Sesuai dengan namanya, folding bike atau sepeda lipat bisa dilipat dan efisien untuk dibawa bepergian. Terdapat engsel pada bagian rangka yang bisa dilipat sehingga lebih ringkas. Sepeda jenis ini sangat cocok bagi kamu yang ingin tetap bersepeda ketika liburan ke luar kota.

Karena kelebihannya yang bisa dilipat, sepeda ini bahkan bisa di masukkan ke bagasi mobil atau disimpan di apartemen. Bagi para pekerja kantoran yang ingin pergi ke kantor menggunakan sepeda, folding bike sangat disarankan.

Ada dua jenis sepeda lipat berdasarkan ukuran bannya, yakni ukuran standar dengan 16 dan 20 inci sedangkan ukuran besar dengan 24 inci.

4. Recumbent Bike

Sepeda Lipat Hingga BMX, Mana Jenis yang Cocok Buatmu?
Cocok nih buat kamu yang kaum senderan. (Foto: RAD Innovations)

Recumbent bike atau sepeda telentang memiliki desain yang panjang, rendah, dan kursi yang dilengkapi dengan sandaran punggung. Setangnya pun cukup panjang layaknya moge Harley-Davidson.

Sepeda ini tersedia dalam desain roda dua dan tiga. Banyak pembalap sepeda mengatakan bahwa sepeda ini adalah yang paling nyaman untuk bersepeda.

Perlu diingat, sepeda ini tidak cocok untuk mengayuh dataran tinggi. Cocok banget deh buat kamu kaum senderan!

5. BMX

Sepeda Lipat Hingga BMX, Mana Jenis yang Cocok Buatmu?
BMX sering digunakan untuk menunjukkan berbagai trik. (Foto: Unsplash/BRDNK Vision)

BMX merupakan singkatan dari Bicycle Moto Cross. Ya, sepeda jenis ini paling populer dikalangan remaja karena desainnya yang kecil dan cocok digunakan untuk berbagai gaya dan trik.

Sepeda BMX sangat kuat dan tahan lama sehingga tidak masalah ketika melakukan lompatan. Di California, olahraga BMX sangat populer.

Balapan BMX menawarkan aksi seru dengan biaya rendah dan dekat dari rumah. Kita juga bisa melihat keseruan sang joki ketika beratraksi dengan trik-triknya. (And)

Baca juga:

Komunitas Onthel Kuno Berjuang Lestarikan Sepeda Onthel



Ananda Dimas Prasetya