Selisik Salah Kaprah Ngohiong, Bukan Nama Makanan, Tapi? Lima bahan pembuat ngohiong. (The Daring Gourmet)

BEGITU melihat menu restoran masakan peranakan Tionghoa di bilangan Jakarta Barat melalui aplikasi ojek online khusus makanan, tampak ngohiong menjadi menu andalan dengan bentuk lonjong berbahan babi dicampur udang.

Baca juga: Sedap Berbumbu, Gulai Ikan Tongkol ala Aceh

Menu ini juga sering ditemukan di banyak tempat makan atau restoran menyajikan masakan Tionghoa. Tampilan, cara penyajian, dan bahan dasar hampir semua sama. Orang Jawa Tengah atau Timur menyebut makanan tersebut ngoyang.

Tentu, setiap keluarga Tionghoa dan pemakan B2 tak akan menampik bila dihidangkan ngohiong.

Ngohiong
Ngohiong bumbu lima bahan. (thespruceeat.com)

Meski populer, ngohiong seturut Joseph Chen alias Aji Bromokusumo pada Peranakan Tionghoa dalam Kuliner Nusantara merupakan istilah telah lama disalahpahami.

Ngohiong atau ngohiang (wu xiang dibaca wu siang dan dalam dialek Hokkian disebut ngo hiong atau hiang) berarti bumbu terbuat dari lima macam bahan, meliputi pekak (star anise), kayu manis, cengkeh, huajiao (merica Sichuan), dan adas ditumbuk atau digiling.

Ngohiong
Ngohiong makanan berbahan babi dan udang. (Wenny Liu, Olahan Lezat Daging Babi)

"Biasanya digunakan untuk memasak berbagai jenis makanan dengan tujuan memperkaya dan memperkuat cita rasa sekaligus menghilangkan bau amis daging," tulis Josep Chen.

Ngohiong mengeluarkan bau khas sehingga menambah nafsu makan. Ciri khas bubuk ngohiong bermutu tinggi berbau segar dan harum, sebaliknya bila agak apek berarti sudah tidak baik digunakan.

Baca juga: Membongkar Klaim Raden Patah Orang Tionghoa

Sejatinya, makanan atau hidangan disebut ngohiong atau ngoyang merupakan daging babi dan udang dicincang, dibumbui bubuk ngohiong atau lima bahan tersebut, dilapis kulit tahu digulung, lalu digoreng.

"Terjadilah salah kaprah nasional, ngohiong adalah nama makanan. Dari Bogor, Jakarta, Pekalongan, Semarang, Surabaya, Kediri, Bojonegoro, Bali, Makassar, Pontianak, Medan, Palembang, dan banyak kota lagi," tulis Josep Chen. (*)

Baca juga: Cerita Masa Lalu Wisata Pesohor Dunia Menikmati Pemandangan Daerah Pegunungan Jawa Barat!



Yudi Anugrah Nugroho

LAINNYA DARI MERAH PUTIH