Relationship
Selingkuh Menular Individu yang belajar tentang perilaku tidak setia orang lain cenderung tidak setia. (Foto: freepik/stefamerpik)

DALAM sebuah penelitian yang diterbitkan pada Agustus di jurnal Archives of Sexual Behavior, peneliti Birnbaum dan rekan (2022) meneliti apakah individu yang belajar tentang perilaku tidak setia orang lain kemudian cenderung tidak setia dalam hubungan romantis mereka sendiri.

Para penulis beralasan belajar tentang prevalensi perselingkuhan, yang beberapa peneliti memperkirakan mungkin setinggi 70 persen, dapat menurunkan keinginan seseorang berkomitmen pada pasangan serta meningkatkan keinginan pada pasangan alternatif nan menarik.

Tujuan penelitian ialah mengetahui apakah ketika orang lain memiliki hubungan di luar komitmen monogami dapat membuat orang merasa lebih nyaman ketika memiliki perselingkuhan yang sama. Untuk menguji prediksi mereka, para peneliti melakukan tiga studi terpisah dengan partisipan dalam hubungan monogami heteroseksual.

BACA JUGA:

Ada yang Lebih Menyakitkan dari Selingkuh Fisik

Dalam studi pertama, mahasiswa sarjana dari Israel yang berada dalam hubungan berkomitmen yang berlangsung setidaknya 4 bulan menonton video yang memperkirakan prevalensi perselingkuhan pada 86 persen hubungan atau 11 persen hubungan.

Mereka kemudian meminta peserta untuk menulis tentang fantasi seksual yang melibatkan orang lain selain pasangan mereka saat ini. Studi menunjukkan bahwa manipulasi prevalensi ketidaksetiaan tidak memmengaruhi keinginan untuk pasangan individu saat ini atau pasangan alternatif.

selingkuh
Individu yang terpapar informasi selingkuh romantis menunjukkan komitmen yang lebih rendah. (Foto: freepik/tonodiaz)

Namun, studi 2 dan 3 menunjukkan hasil yang berbeda. Dalam studi 2, mahasiswa sarjana dari Israel yang berada dalam hubungan heteroseksual berkomitmen yang berlangsung setidaknya 12 bulan membaca 'pengakuan' dari orang lain yang menggambarkan perselingkuhan romantis, seperti mencium rekan kerja dengan penuh gairah dan menyembunyikannya dari pasangan mereka, atau kecurangan dalam tugas sekolah, misal menyalin esai dari siswa lain.

Peserta kemudian diminta untuk melihat 16 foto individu yang menarik dan tidak menarik dan untuk menanggapi secepat mungkin apakah individu tersebut bisa menjadi pasangan romantis potensial.

Peserta yang telah membaca tentang perselingkuhan romantis menjawab 'ya' untuk lebih banyak foto, menunjukkan minat mereka pada lebih banyak calon pasangan baru ketimbang peserta dalam kondisi kecurangan akademik.

Sementara itu, dalam studi 3, mahasiswa sarjana dari Israel yang berada dalam hubungan heteroseksual berkomitmen yang berlangsung setidaknya 4 bulan membaca hasil survei dengan prevalensi perselingkuhan romantis atau kecurangan akademik diperkirakan 85 persen.

BACA JUGA:

Selingkuh itu Dilakukan dengan Kesadaran Penuh, Ini Ciri-cirinya

Peserta kemudian berinteraksi dengan asisten peneliti menggunakan platform pesan instan. Peserta mengunggah foto diri mereka dan diperlihatkan foto laki-laki atau perempuan yang menarik sebagai mitra pengiriman pesan mereka.

Asisten peneliti bertanya tentang hobi, minat, dan preferensi makanan peserta dan di akhir wawancara menyatakan, “Kamu benar-benar membangkitkan rasa ingin tahu saya. Saya berharap dapat melihatmu lagi dan kali ini secara langsung.”

Tanggapan peserta terhadap permintaan terakhir ini dianalisis untuk minat mereka melihat pewawancara lagi. Akhirnya, peserta ditanya tentang ketertarikan mereka kepada pewawancara serta komitmen mereka terhadap pasangan hubungan mereka saat ini.

Hasil studi 3 menunjukkan individu yang terpapar informasi selingkuh romantis menunjukkan komitmen yang lebih rendah terhadap hubungan mereka saat ini jika dibandingkan dengan kondisi kecurangan akademik. Mereka juga menemukan bahwa terlepas dari kondisi perselingkuhan, laki-laki kurang berkomitmen pada hubungan mereka saat ini daripada perempuan.

Selain itu, individu yang membaca hasil survei perselingkuhan romantis dan yang menganggap pewawancara lebih menarik cenderung mengakhiri pesan mereka kepada pewawancara dengan ekspresi keinginan untuk bertemu lagi.

selingkuh

Paparan terhadap norma-norma perzinahan dapat membuat tujuan komitmen jangka panjang berkurang. (Foto: freepik/Drazen Zigic)

Penulis mengatakan paparan perselingkuhan dapat menormalkan perilaku itu dan membuat hubungan kita saat ini lebih rentan terhadap perselingkuhan. Mereka menyimpulkan norma perselingkuhan mungkin membuat kita kurang termotivasi untuk melindungi hubungan, membuat terbuka terhadap potensi perselingkuhan di masa depan.

Namun, penulis menekankan bahwa melihat individu alternatif sebagai kemungkinan pasangan baru dan bahkan keinginan untuk melihat orang yang menarik lagi tidak selalu sama dengan terlibat dalam perselingkuhan.

Para penulis berspekulasi paparan terhadap norma-norma perzinahan dapat, misalnya, membuat tujuan komitmen jangka panjang berkurang. Dengan demikian, hal itu mengurangi perasaan bersalah atau melunakkan perlawanan terhadap perselingkuhan dengan mengurangi motivasi untuk melindungi hubungan saat ini.

Namun, mereka juga mengingatkan perlunya penelitian lanjutan untuk mengklarifikasi bagaimana paparan perselingkuhan dapat memengaruhi keinginan untuk terlibat dalam perselingkuhan.(aru)

BACA JUGA:

Langkah-Langkah Ekstrem Stalking Pacar yang Diduga Selingkuh

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Sejumlah Kendaraan Impian Bisa Dicoba di GIIAS Surabaya 2021
Fun
Sejumlah Kendaraan Impian Bisa Dicoba di GIIAS Surabaya 2021

Di GIIAS Surabaya 2021, para pengunjung juga bisa merasakan langsung sensasi berkendari dari berbagai mobil dan motor

Produksi 'Guardians of the Galaxy 3' Rampung
ShowBiz
Produksi 'Guardians of the Galaxy 3' Rampung

Guardians of the Galaxy 3 tayang 5 Mei 2023.

Perlakukan Konsumen sebagai Individu bukan Mesin Uang
Fun
Perlakukan Konsumen sebagai Individu bukan Mesin Uang

Konsumen bersedia kembali dan membayar lebih untuk mendapatkan kepuasan pada kebutuhannya.

BLACKPINK akan Tampil di Konser Virtual 'PUBG Mobile', Catat Tanggalnya
Fun
BLACKPINK akan Tampil di Konser Virtual 'PUBG Mobile', Catat Tanggalnya

Konser BLACKPINK bertajuk The Virtual akan digelar dalam game PUBG Mobile.

Ekonomi Global Kuartal 4 Menantang, Pertumbuhan Domestik Tetap Kuat
Hiburan & Gaya Hidup
Ekonomi Global Kuartal 4 Menantang, Pertumbuhan Domestik Tetap Kuat

Tantangan cukup berat akibat makroekonomi nan tak menentu.

Bentuk Tubuh Kim Kardashian Picu Risiko Gangguan Makan pada Perempuan
Fun
Bentuk Tubuh Kim Kardashian Picu Risiko Gangguan Makan pada Perempuan

Ada standar tampilan cantik baru yang disebut slim-thick, seperti Kim Kardashian.

Lestarikan Bumi Dimulai dari Rumah
Fun
Lestarikan Bumi Dimulai dari Rumah

suhu permukaan Bumi diprediksi naik sebesar 2,7 derajat Celcius pada akhir abad ini.

Penuh Kejutan, .Feast Rilis Video Musik 'Bintang Massa Aksi'
ShowBiz
Penuh Kejutan, .Feast Rilis Video Musik 'Bintang Massa Aksi'

.FEAST menghadirkan video musik Bintang Massa Aksi

Pasutri Ini Tuntut Anak Rp 9,5 Miliar Karena Tidak Bisa Beri Mereka Cucu
Fun
Pasutri Ini Tuntut Anak Rp 9,5 Miliar Karena Tidak Bisa Beri Mereka Cucu

Pasangan Suami Istri menuntut anak muntuk membayar Rp9,5 miliar karena tidak bisa memberikan mereka cucu

Samuel L. Jackson hingga Danny Glover Terima Governors Awards Oscar 2022
ShowBiz
Samuel L. Jackson hingga Danny Glover Terima Governors Awards Oscar 2022

Sejumlah aktor senior Hollywood menerima penghargaan di Governors Awards 2022.