Biar enggak bingung, Kenali Dulu nih Istilah dalam Dunia Kecantikan Kenalan dengan istilah di dunia make-up

BAGI perempuan, melihat tutorial make-up yang dilakukan oleh beauty vlogger terasa menyenangkan. Eksistensi mereka di Youtube membantu perempuan lebih mahir dalam merias diri atau mendapatkan rekomendasi make-up yang oke. Para beauty vlogger biasanya menyebutkan istilah-istilah asing yang berkaitan dengan makeup seperti cakey, smudge, hingga creasing. Sebenarnya apa sih arti dari istilah-istilah tersebut? Yuk, kenali istilah-istilah tersebut supaya lebih jago memakian makeup.

1. Cakey

makeup cakey
Cakey (Sumber: YouTube/Laura Lee)

Cakey adalah istilah yang digunakan apabila foundation yang kamu aplikasikan di wajah terlalu tebal. Dalam bahasa Indonesia lebih dikenal dengan istilah "dempul". Kondisi make-up yang cakey tak hanya timbul jika kamu mengaplikasikan terlalu banyak foundation, tetapi ketika minyak wajah muncul dan kontak dengan foundation yang menempel di wajahmu.

2. Smudge

Smudge
Smudge (Sumber: Elite Daily)

Pada beberapa eyeliner dan mascara, terpampang tulisan smudge-proof. Apakah kamu tahu apa itu smudge? Smudge adalah kondisi dimana make-up yang kamu gunakan luntur. Smudge biasa terjadi pada make-up yang belum water-proof. Jika kamu mengaplikasikan make-up yang belum water-proof, lalu kamu mencuci muka atau berkeringat maka dipastikan make-up yang kamu pakai akan luntur atau smudge. Untuk menghindari smudge, pilihlah make-up yang tahan air.

3. Creasing

Creasing
Creasing (Sumber: YouTube/Eman)

Ketika membahas riasan pada mata, lingkaran mata atau garis senyum, para beauty vlogger sering mewanti-wanti agar make-up yang kita aplikasikan tidak creasing. Lalu, apasih creasing itu? Creasing adalah kondisi kulit seperti retak yang biasa ditemui pada bagian lipatan-lipatan halus seperti lingkaran mata atau garis senyum.

Kondisi ini biasanya terjadi jika foundation atau concealer yang kamu gunakan terlihat kering di luar, tapi ternyata masih basah di dalam. Ketika terjadi kontak dengan sinar matahari, foundation atau concealer tersebut akan menimbulkan reaksi seperti retakan. Supaya makeup terhindari dari creasing, aplikasikan bedak tabur dengan komposisi yang sama banyak dengan foundationmu.

4. Pigmented

Pigmented
Pigmented (Sumber: Alin Pescina Make-Up)

"Ya ampun, warnanya pigmented banget!" ujar seorang beauty vlogger saat mencoba eyeshadow. Pigmented merupakan suatu testimonial positif terhadap produk makeup. Arti pigmented adalah warna makeup yang keluar saat digunakan.

Biasanya berkaitan dengan produk makeup yang memiliki warna seperti eyeshadow, blush-on hingga highlighter. Supaya produk yang kamu gunakan pigmented, kamu bisa menggunakan primer pada wajah atau kelopak mata.

5. Ashy

Ashy
Ashy (Sumber: Jackie Aina)

Para beauty vlogger biasanya merekomendasikan kamu untuk membeli foundation dengan shade yang setara dengan warna kulitmu agar tidak ashy. Kamu mungkin akan bertanya-tanya, apasih arti ashy itu? Ashy merupakan warna keabu-abuan yang timbul saat kamu memilih warna foundation yang tidak sesuai dengan warna kulit. Efek warna keabu-abuan ini muncul jika foundation yang kamu beli lebih terang dari warna kulit aslimu. Untuk menghindari kulit ashy, kamu bisa mencoba foundation di punggung tangan atau di leher sebelum membeli. Diamkan beberapa saat hingga warna foundation menyatu dengan kulitmu. Jika ternyata warnanya sama, belilah!

6. Dupe

Dupe

Dupe (Sumber: Love Nashi)

Dalam tutorial yang dibawakan, para beauty vlogger profesional seperti Suhay Salim, Tasya Farasya hingga Rachel Goddard kerap kali menggunakan produk high-end yang harganya cukup menguras kantong. Namun kamu tak perlu bersedih! Biasanya, produk-produk high-end itu memiliki dupe atau singkatan duplicate (duplikat).

Produk-produk dupe jelas berbeda dengan barang KW. Mereka biasanya produk makeup dari brand lain yang memiliki formula hampir serupa, tapi dengan harga yang lebih terjangkau.

7. Baking

Baking
Baking (Sumber: Bustle)

Sebelum ke tahap selanjutnya, para beauty vlogger menggunakan teknik baking pada riasan mereka. Baking yang dimaksud tidak ada hubungannya dengan kue ya. Baking adalah mengaplikasikan bedak tabur di bagian bawah mata, hidung, dagu dan jidat. Selanjutnya, kita harus mendiamkannya selama 15 hingga 20 menit. Setelah 20 menit, bedak di beberapa bagian tubuh akan bereaksi dengan panas tubuh dan melekat sempurna. Cara tersebut bertujuan agar make-up tahan lama. Selain itu, proses baking juga membantu make-up terlihat sempurna dan terhindar dari cakey atau creasing.(avia)

Kredit : iftinavia


Iftinavia Pradinantia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH