Selamat ke Kampung Halaman, Berikut Tips Aman Mudik Pakai Sepeda Motor Ada banyak persiapan ketika memutuskan mudik gunakan sepeda motor. (Foto: Pixabay/christels)

MUDIK merupakan tradisi khas Indonesia ketika menjelang Hari Raya Idulfitri. Para perantau di kota-kota pulang ke kampung halaman masing-masing untuk bisa berkumpul dengan orang tua dan keluarga di momen pasing spesial.

Saat ini, beragam cara mudik dipilih para perantau. Kamu tak usah khawatir tak bisa pulang. Kamu bisa gukanan pesawat, kereta, bis, mudik bareng instansi/perusahaan, atau membawa kendaraan pribadi. Semuanya bisa dilakukan asalkan bisa berkumpul dengan keluarga di kampung halam.

Nah, buat kamu yang pilih pulang pakai kendaraan roda dua, tetaplah hati-hati. Tak hanya mudah dan murah meriah, menggunakan kendaraan sepeda motor sangat berisiko terhadap kecelakaan, terutama untuk jarak jauh dan barang bawaan banyak. Dikutip iStyle, berikut tips mudik aman yang bisa kamu ikut ketika membawa motor.


1. Jangan bawa banyak barang

Jangan bawa banyak barang di atas motor. (Foto: Pixabay/igorovsyannykov)
Jangan bawa banyak barang di atas motor. (Foto: Pixabay/igorovsyannykov)

Ketika mudik menggunakan sepeda motor, kamu lebih baik tidak membawa banyak barang karena bagasi motor tidak dapat dimasuki banyak barang. Paling banyak, lebih baik membawa satu ransel besar di punggung saja, sehingga kamu hanya membawa satu tas yang dapat dibawa nyaman ketika berkendara.

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Ngabuburit sambil Berburu Kuliner Buka Puasa di Pantai Tanjungkalian


2. Gunakan pakaian standar bermotor

Selalu gunakan pakaian standar ketika bermotor. (Foto: Pixabay/SplitShire)
Selalu gunakan pakaian standar ketika bermotor. (Foto: Pixabay/SplitShire)

Ketika memutuskan untuk mudik dengan sepeda motor, kamu juga harus memakai pakaian standar bermotor supaya kamu selalu nyaman ketika berkendara, apalagi saat berpergian jauh. Kamu bisa menggunakan celana jeans yang pas dengan atasan kaos atau kemeja favorit berbahan ringan. Setelah itu kamu tidak boleh melewatkan untuk memakai jaket supaya tidak masuk angin.


3. Cek kondisi kendaraan

Cek kondisi kendaraan ketika akan pergi mudik. (Foto: Pixabay/Counselling)
Cek kondisi kendaraan ketika akan pergi mudik. (Foto: Pixabay/Counselling)

Mengecek kondisi kendaraan sebelum pergi adalah hal penting di bagian tips mudik. Kamu harus mengecek motormu secara detail ke bengkel terlebih dahulu. Setelah kendaraan bermotor kamu sudah terjamin kondisinya, kamu bisa membawa motormu untuk pergi mudik dengan nyaman dan aman.

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Buka Puasa dengan Gorengan Bahaya, Berikut Tips Mengurangi Dampak Buruknya


4. Taati peraturan lalu lintas

Selalu taati peraturan lalu lintas ketika berkendara. (Foto: Pixabay/LUM3N)
Selalu taati peraturan lalu lintas ketika berkendara. (Foto: Pixabay/LUM3N)

Menaati peraturan lalu lintas adalah hal paling penting dalam tips mudik aman. Kecelakaan lalu lintas banyak terjadi karena tidak menaat aturan lalu lintas. Kamu wajib mengikuti peraturan lalu lintas, dimulai dari memakai helm dengan standar SNI, taati rambu-rambu ketika perjalanan mudik, hingga melengkapi surat-surat dan lisensi berkendara.


5. Istirahat terlebih dahulu ketika lelah atau mengantuk

Beristirahatlah ketika kamu merasa sudah lelah. (Foto: Pixabay/Hans)
Beristirahatlah ketika kamu merasa sudah lelah. (Foto: Pixabay/Hans)

Hal paling utama dalam perjalanan mudik supaya selamat sampai tujuan adalah kamu harus istirahat ketika merasa lelah dalam perjalanan. Jangan memaksakan diri untuk mengendarai motor dalam keadaan lelah atau mengantuk karena hal tersebut akan menurunan daya konsenterasi. Kamu bisa istirahat sejenak di berbagai posko mudik yang tersedia supaya tubuh kembali sehat untuk melanjutkan kembali perjalanan yang tertunda. (*)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: 5 Tradisi Ramadan Unik dari Seluruh Dunia


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH