Wisata Dunia
Selama Pandemi, Ini Kota Termahal di Dunia untuk Ditinggali Paris (Foto: 123RF/tanaonte)

KAMU, seperti banyak orang lain mungkin punya impian yang sama: pindah ke luar negeri dan memulai hidup baru yang lebih baik. Namun, seperti yang kamu semua tahu, biaya kehidupan di negara lain, terutama di kota-kota besar dunia yang diimpikan itu, sangat tinggi. Apalagi jika kamu memilih Hong Kong, Paris atau Zurich, yang merupakan kota termahal di dunia menurut penelitian baru.

Urutan tersebut disusun oleh The Economist Intelligence Unit (EIU) yang menilai 133 kota global dengan membandingkan harga sekeranjang 138 barang sehari-hari di masing-masing tempat. Kota-kota Eropa telah melompati Singapura dan Osaka, setara dengan Hong Kong dalam Worldwide Cost of Living Survey yang dilakukan pada Maret.

Baca juga:

5 Negara Terkotor di dunia, Nomor 4 Paling Harus Kamu Tahu

Paris (Foto: 123RF/JEROME LABOUYRIE)

Perubahan tersebut secara khusus ditandai akibat dampak pandemi COVID-19 terhadap harga di seluruh dunia. Fluktuasi mata uang akibat pandemi berarti bahwa tujuan di Afrika, Amerika, dan Eropa Timur menjadi lebih murah sejak Maret. Sementara Eropa Barat, di mana nilai euro telah meningkat terhadap dolar, harga telah naik. Franc Swiss juga meningkat nilainya.

Singapura dan Osaka sekarang turun ke urutan keempat dan kelima, dengan Tel Aviv bergerak ke atas dengan Osaka di tempat kelima. Eksodus pekerja asing selama pandemi berada di belakang penurunan Singapura. Hal ini membuat populasinya turun untuk pertama kalinya dalam 17 tahun, menurut EIU.

Hongkong (Foto: 123RF/ansonrf123)

Sisa 10 besar diselesaikan oleh Jenewa, Kota New York, Kopenhagen dan Los Angeles. Berikut urutannya:

Kota termahal di dunia untuk hidup tahun 20201. (seri) Paris, Prancis1. (seri) Hong Kong1 (seri) Zurich, Swiss4. Singapura5. (seri) Osaka, Jepang5. (seri) Tel Aviv, Israel7. Jenewa, Swiss8. Kota New York9. Kopenhagen, Denmark10. Los Angeles

Selain itu, posisi kota lain yang penting yaitu Sydney di nomor 15, London di 20, dan Nairobi di 77. Moskow di nomor 106, dan Delhi di 121.

Baca juga:

Mau Pindah Warga Negara? Ini 5 Negara Menawarkan Akses Mudah

Zuric (Foto: 123RF/gebe5555)

Kenaikan terbesar adalah Teheran, yang telah menaiki tangga dari 106 ke 79, karena sanksi AS yang berdampak pada pasokan. Reykjavik, Rio de Janeiro, dan Sao Paulo menunjukkan penurunan harga terbesar. EIU mengaitkan peringkat kota-kota Brasil dengan "mata uang lemah dan meningkatnya tingkat kemiskinan". Brasil, tentu saja, sangat menderita selama pandemi.

Kota dengan Biaya Hidup TerendahDamaskus di Suriah adalah kota dengan biaya hidup terendah, diikuti oleh Tashkent Uzbekistan, Lusaka di Zambia, Caracas (Venezuela) dan Almaty, Kazakhstan.

Sementara, 10 terbawah dibulatkan oleh Karachi (Pakistan), Buenos Aires (Argentina), Algiers (Aljazair) dan Bangalore dan Chennai, di India. Pemerintah Argentina telah menerapkan kontrol harga selama pandemi, yang dapat menjelaskan posisi Buenos Aires.

Buenos Aires (Foto: 123RF/Diego Grandi)

Bukan hanya kota yang bertukar tempat. Survei menemukan bahwa harga elektronik telah meningkat secara global. Pakaian, sementara itu, telah jatuh - keduanya mungkin karena peningkatan jumlah orang yang bekerja dari rumah. Harga makanan pokok sebagian besar tetap sama, sementara produk perawatan pribadi, tembakau, dan alkohol semuanya meningkat.

"Pandemi COVID-19 telah menyebabkan dolar AS melemah sementara mata uang Eropa Barat dan Asia Utara menguat terhadapnya, yang pada gilirannya telah menggeser harga barang dan jasa," kata Head of Worldwide Cost of Living di EIU Upasana Dutt seperti diberitakan cnn.com (23/11).

"Pandemi telah mengubah perilaku konsumen, karena penguncian dan tren seperti bekerja dari rumah telah meningkatkan harga elektronik konsumen dan peralatan makan di rumah telah menggantikan tempat makan restoran untuk keluarga kelas menengah," Upasana Dutt menambahkan.

Untuk masa depan, segala sesuatunya tidak terlihat cerah. EIU memperkirakan bahwa tren akan terus berlanjut, dengan orang-orang memprioritaskan kebutuhan pokok dan hiburan rumah daripada pakaian selama tahun 2021. (aru)

Baca juga:

Urusan Pemakaian Listrik, 4 Negara Ini Pernah Jadi yang Terboros di Dunia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Nih Bedanya Brompton Tipe S, M, P, dan H
Fun
Nih Bedanya Brompton Tipe S, M, P, dan H

Tipe M tetap menjadi favorit sepeda lipat Brompton.

Poster Marvel Eternals Bocor di Instagram Ma Dong-Seok, Kebetulan?
Fun
Suka Minum Jägermeister? Yuk Miliki juga Koleksi Pakaiannya!
Fun
Awet Muda ala Pharrell Williams dan Vivienne Westwood
ShowBiz
Rayakan Album Baru, Foo Fighters Rilis Produk Sake
ShowBiz
Rayakan Album Baru, Foo Fighters Rilis Produk Sake

Ada dua varian sake dari kolaborasi Foo Fighters dengan Tatenokawa.

Lagu Religi yang Selalu Terhubung dengan Ramadan
ShowBiz
Lagu Religi yang Selalu Terhubung dengan Ramadan

Lagu-lagu reliji yang selalu dikaitkan pada bulan suci Ramadan.

Pemuda Sinarmas Rilis Single Debut 'Kebut Asmara'
ShowBiz
Pemuda Sinarmas Rilis Single Debut 'Kebut Asmara'

Single perdana Pemuda Sinarmas yang bertajuk Kebut Asmara dirilis di penghujung 2020.

3 Item Terbaik Dari Anti Social Social Club x BAPE Fall 2020
Fashion
3 Item Terbaik Dari Anti Social Social Club x BAPE Fall 2020

Hadir dengan tiga warna yang nyentrik

Java Festival Production Akan Hadirkan 'Melomaniac', Apa Itu?
ShowBiz
Java Festival Production Akan Hadirkan 'Melomaniac', Apa Itu?

Java Festival Production Akan Hadirkan 'Melomaniac', Apa Itu?

Netflix Uji Coba Fitur Pengatur Waktu Tidur Untuk Android
Fun
Netflix Uji Coba Fitur Pengatur Waktu Tidur Untuk Android

Tak perlu takut kebablasan tidur saat nonton Netflix.