Sekolah Diliburkan, Orangtua Murid: Guru Harus Memberikan Tugas Dampak virus Corona membuat siswa melakukan kegiatan belajar di rumah. (Foto: technologyreview)

DAMPAK penyebaran virus Corona sangat menjadi perhatian publik di seluruh dunia. Berawal dari Wuhan, Tiongkok, kini virus Corona telah menjalar ke berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia. Masyarakat tentu sangat menjaga diri agar tidak terkena wabah COVID-19. Alhasil demi kenyamanan dan keselamatan, pemerintah Indonesia melakukan kebijakan bekerja, belajar, dan ibadah dari rumah.

Baca juga:

Dilema Work From Home Di Tengah Isu Corona

Pemerintah juga sudah mengimbau masyarakat untuk tetap di rumah dan meminimalisir kegiatan di tempat ramai. Selain itu, dampak virus Corona pun mengakibatkan sejumlah sekolah di beberapa provinsi diliburkan, mulai dari jenjang TK hingga SMA. Bukan untuk liburan, siswa justru tetap melakukan kegiatan belajar di rumah mereka masing-masing. Langkah ini diambil untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona di lingkungan sekolah.

Sekolah Diliburkan, Orangtua Murid: Guru Harus Memberikan Tugas
Guru memberikan materi kepada murid secara online. (Foto: Washington Post)

Keputusan ini menimbulkan pro dan kontra, termasuk orangtua murid yang mengawasi anaknya selama berada di rumah. Meski terlihat menyenangkan, kondisi ini bukanlah sesuatu yang mudah bagi para orangtua.“Efektif ya efektif juga. Kita juga harus kooperatif dengan kebijakan pemerintah terkait COVID-19 ini. Walaupun lebih santai, tapi anak harus tetap belajar,” ujar Yovita, salah satu orangtua murid sekaligus guru di TK Insan Teratai School.

Yovita juga mengatakan bahwa kegiatan belajar mengajar akan lebih efektif jika dilakukan di kelas. Ia beranggapan bahwa anak bisa langsung melakukan tanya jawab dan waktu yang lebih efisien. “Untuk yang kelas tingkat akhir, kebanyakan mereka try out dan sudah tidak ada materi. Tapi anak yang di bawahnya, kan masih ada materi. Mereka harus diberi tugas selama dua minggu belajar di rumah,” tuturnya.

Di sekolah tempat ia bekerja, Yovita menjelaskan bahwa anak TK belajar di rumah dengan mengenakan seragam layaknya saat di sekolah. Namun karena belum menerapkan sistem belajar online melalui platform, mereka hanya lewat WhatsApp.

Baca juga:

Informasi Penting yang Harus Kamu Tahu Soal Protokol 'Lockdown'

Kebijakan belajar dari rumah pada praktiknya juga menghadapi beberapa kendala. Seperti yang diceritakan oleh Dwi Astarini, orangtua murid yang juga bekerja. Dwi mengatakan mengalami kendala untuk meminta anak untuk disiplin mengerjakan tugas yang diberikan sekolah. "Kalau di sekolah mereka takut guru. Di rumah, banyak godaan. Dari gadget sampai mainan semacam lego atau gitar," ujarnya.

Terlebih ketika orangtua murid juga bekerja. Saat diminta pihak sekolah untuk melaporkan bukti kegiatan belajar selama diliburkan, Dwi merasa cukup kewalahan. "Kalau orangtua bekerja atau banyak anak kayak aku, itu ribet," keluhnya. "Jadi ada orangtua murid yang baru setor sore atau bahkan sampe tengah malam. Tetep aja anaknya nunggu orangtua pulang kerja atau kelar beberes rumah untuk mengerjakan tugas," tambahnya.

Sekolah Diliburkan, Orangtua Murid: Guru Harus Memberikan Tugas
Siswa bisa memanfaatkan situs belajar online secara gratis untuk mendapatkan materi. (Foto: SynBioBeta)

Meski begitu Yovita juga mengapresiasi pihak sekolah yang memberikan perhatian lebih intensif untuk anaknya, yang saat ini duduk di tingkat akhir SMA. Menggunakan situs agenda sekolah selama melakukan kebijakan belajar dari rumah. Lewat situs tersebut, guru memberikan soal dengan sejumlah pertanyaan kemudian diberikan kepada murid. Setelah murid selesai mengejarkan, guru akan menilai dan memberikan umpan balik kepada muridnya.

Saat ini, banyak situs belajar online gratis yang bisa diakses. Jika kesulitan mendapatkan ilmu atau materi pembelajaran, siswa masih bisa efektif dalam mempersiapkan bekal ke depannya. Jadi, jangan jadikan wabah virus Corona menjadi alasan untuk kamu malas belajar, ya! Terutama bagi kamu yang akan mengikuti Ujian Nasional beberapa bulan ke depan. (And)

Baca juga:

Yuk Cari Uang Jajan Tambahan Sembari 'Work From Home'!



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH